PENGARUH BERMAIN ALAT MUSIK DOL TERHADAP KECERDASAN MUSIKAL ANAK 4-5 TAHUN DI PAUD HAQIQI KOTA BENGKULU

Rose Riana, Elvira (2019) PENGARUH BERMAIN ALAT MUSIK DOL TERHADAP KECERDASAN MUSIKAL ANAK 4-5 TAHUN DI PAUD HAQIQI KOTA BENGKULU. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
Skripsi AQQ.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Elvira Rose Riana, NIM. 1416252991, Judul Skripsi: Pengaruh Bermain Alat Musik Dol terhadap Kecerdasan Musikal Anak 4-5 Tahun di PAUD HAQIQI Kota Bengkulu, Pembimbing I: Dr. HusnulBahri, M.Pd. Pembimbing II: FatricaSyafri, M.Pd.I Kata Kunci: Bermain, AlatMusikDol, KecerdasanMusikal Permasalahan yang timbul adalah kurangnya minat anak dalam bermain alat musik dol, anak belum memahami ketukan, bunyi, dan irama pada alat musik dol. Kurangnya kekompakkan pada anak saat memainkan alat musik dol. Kurangnya antusias anak dalam mengikuti gerakan saat bermain alat musik dol. Tujuan penelitianiniadalahuntukmengetahuipengaruhbermainalat musik dol terhadap kecerdasan musikal anak 4-5 tahun di PAUD HAQIQI Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi eksperimen dengan menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Dalam penelitian ini sampel yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar portopolio dan chek list. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknikobservasi dan teknikdokumentasi serta teknik analisis data menggunakan rumus run tes. Berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil penelitian,Dapat disimpulkan bahwa bermain alat musik dol terbukti telah berpengaruh terhadap kecerdasan musikal anak 4-5 tahun di PAUD Haqiqi Kota Bengkulu. Hal ini dapat dilihat dari hasil pretest dan postest kelompok ekperimen dan kontrol pada saat penelitian. terbukti mengalami peningkatan pada eksperimen jauh lebih tinggi dibanding dengan kelompok kontrol. Pada perlakuan eksperimen mengalami kenaikan 70% dari hasil pretest sebelumnya 33% dengan adanya pemberian perlakuan menggunakan metode bermain alat musik dol tersebut menjadi meningkat 95% sedangkan pada saat perlakuan tidak menggunakan metode bermain alat musik mengalami penurunan 54% dari hasil pretest sebelumnya 66% dengan adanya perlakuan tidak mengalai perubahan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Bermain, AlatMusikDol, KecerdasanMusikal
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 05 Apr 2019 07:46
Last Modified: 05 Apr 2019 07:46
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2778

Actions (login required)

View Item View Item