PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MEMBILANG MELALUI KEGIATAN BERMAIN DENGAN BENDA-BENDA KONKRIT DI PAUD MUARA INDAH DI KECAMATAN SELEBAR KOTA BENGKULU

Pepi Yanti, Mesi (2019) PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MEMBILANG MELALUI KEGIATAN BERMAIN DENGAN BENDA-BENDA KONKRIT DI PAUD MUARA INDAH DI KECAMATAN SELEBAR KOTA BENGKULU. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MESI pdf.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Mesi Pepi Yanti, NIM : 1416252987, dengan judul, “Pengembangan Kemampuan Membilang Melalui Kegiatan Bermain Dengan Benda-Benda Konkrit di PAUD Muara Indah Kecamatan Selebar Kota Bengkulu”. Skripsi program study pendidikan islam anak usia dini (PIAUD). Fakultas Tarbiyah dan Tadris (IAIN) Bengkulu. Pembimbing : 1. Hj. Asiyah, M.Pd, 2. Dra. Aam Amaliyah, M.Pd, Kata kunci : pengembangan kemampuan membilang melaui kegiatan bermain dengan benda-benda konkrit. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan pengembangan kemampuan membilang melaui kegiatan bermain dengan benda-benda konkrit di PAUD Muara Indah Kecamatan Selebar Kota Bengkulu . adapun metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif yakni metode yang menghasilkan data deskriptif. Sumber data yang digunakan yakni menggunakan data primer dan sekunder, sementara itu teknik pengumpulan data yakni menggunakan reduksi data, penyajian data, penyimpulan data, atau kesimpulan, disimpulkan bahwa pengembangan kemampuan membilang melalui kegiatan bermain dengan bendabenda konkrit di PAUD Muara Indah Kecamatan Selebar Kota Bengkulu sudah mulai berkembang dengan kegiatan bermain dengan benda-benda konkrit dengan pembelajaran bermain sambil belajar menggunakan benda-benda konkrit yang bervariatif, anak belajar menggunakan permainan benda-benda konkrit dan memberikan pembelajaran bermain sambil belajar, komunikasi anatara guru dan orang tua, serta penguatan dan motivasi dari guru, sehingga pengembangan kemampuan membilang anak di PAUD Muara Indah Kecamatan Selebar Kota Bengkulu saat ini sudah berkembang dengan baik hanya saja ada beberapa anak yang masih belum berkembang. Dengan kendala yang dihadapi guru dalam mengembangkan kemampuan membilang yakni kurangnya media pembelajaran yang bervariatif dan komunikasi antara orangtua dan anak dirumah belum terjalin. Solusi guru dan orangtua dalam menghadapi kendala dalam pengembangan kemampuan membilang anak , yakni dengan cara sabar, adfil, penuh kasih sayang , rasa perhatian, peduli, menghargai anak, memberikan kebebasan pada anak, tidak membeda-bedakan anak. Jadi dapat disimpulkan bahwa pengembangan kemampuan membilang melaui kegiatan bermain dengan benda-benda konkrit di PAUD Muara Indah Kecamatan Selebar Kota Bengkulu sudah terlihat baik dan berkembang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: pengembangan kemampuan membilang melaui kegiatan bermain dengan benda-benda konkrit
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 05 Apr 2019 07:49
Last Modified: 05 Apr 2019 07:49
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2789

Actions (login required)

View Item View Item