PENGARUH PEMBELAJARAN DEMONSTRASI GERAK TERHADAP KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD IT AL-JUNDI KOTA BENGKULU

Puspita Tanjung, Zulfa (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN DEMONSTRASI GERAK TERHADAP KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD IT AL-JUNDI KOTA BENGKULU. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
ZULFA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Zulfa Puspita Tanjung, Desember, 2018 Pengaruh Pembelajaran Demonstrasi Gerak Terhadap Kecerdasan Kinestetik Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD IT Al-Jundi Kota Bengkulu. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Tadris, IAIN Bengkulu. Pembimbing: 1. Nurlaili, M.Pd.I 2. Fatrima Santri Syafri, M.Pd Mat Kecerdasan kinestetik pada anak usia 5-6 tahun melalui pembelajaran demonstrasi gerak ini memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan kecerdassan kinestetik. Karena dengan menggunakan metode demonstrasi anak dapat memahami, mengamati dan mencoba melakukan sendiri apa yang sudah dipelajari dengan jelas. Apakah ada pengaruh dari pembelajaran demontrasi gerak terhadap kecerdasan kinestetik anak usia 5-6 tahun di PAUD IT Al-Jundi Kota Bengkulu? adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran demonstrasi gerak terhadap kecerdasan kinestetik anak usia 5-6 tahun di PAUD IT Al-Jundi Kota Bengkulu. Dalam penelitian ini,jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Adapun tekhnik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, cheklist, anekdot dan dokumentasi. Adapun tekhnik analisis data dalam penelitian ini ialah menggunakan rumus run test. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan selama 45 hari dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran demonstrasi gerak terhadap kecerdasan kinestetik anak. Setelah dilakukannya perlakuan terhadap kelompok eksperimen yang menggunakan metode demonstrasi dan kelompok kontrol menggunakan gerak saja tanpa adanya demonstrasi. Dapat diketahui bahwa deminstasi gerak dapat mempengaruhi peningkatan kecerdasan kinestetik anak usia 5-6 tahun antara pretest dan posttest baik kelompok eksperimen dan kontrol. Dapat dibuktikan dengan data-data yang diperoleh, bahwa hasil dapat dilihat dari hasil pretest dan posttest kelompok eksperimen kontrol. Kelompok ekperimen mengalami peningkatan. Pengaruh pembelajaran demonstrasi gerak terhadap kecerdasan kinestetik pada kelompok eksperimen mengalami peningkatan hingga 68,18% dari hasil pretest sebelumnya sebesar 50% meningkat menjadi 90,90%. Kata Kunci : Pembelajaran, Demonstrasi Gerak, Kecerdasan Kinestetik

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Demonstrasi Gerak, Kecerdasan Kinestetik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 05 Apr 2019 07:52
Last Modified: 05 Apr 2019 07:52
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2809

Actions (login required)

View Item View Item