ANALISIS KESALAHAN TANDA BACA DAN EJAAN YANG DISEMPURNAKAN (EYD) DALAM KARANGAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V DI MI AL-ISLAM KOTA BENGKULU

BUDIANTO. RM, DAVID (2019) ANALISIS KESALAHAN TANDA BACA DAN EJAAN YANG DISEMPURNAKAN (EYD) DALAM KARANGAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V DI MI AL-ISLAM KOTA BENGKULU. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
skripsi david pdf.pdf

Download (908kB) | Preview

Abstract

David Budianto. RM, NIM. 141 652 3128, 2018. Skripsi yang berjudul: Analisis Kesalahan Tanda Baca Dan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) Dalam Karangan Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Di MI Al-Islam Kota Bengkulu. Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidayah, Fakultas Tarbiyah dan Tadris, IAIN Bengkulu. Pembimbing: (I) Nurlaili, M. Pd. I (II) Masrifa Hidayani, M. Pd Kata Kunci: Kesalahan Tanda Baca dan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) Dalam Karangan Latar belakang penelitian ini adalah berdasarkan observasi awal yang peneliti lakukan di MI Al-Islam Kota Bengkulu, masih ada kesalahan penggunaan tanda baca dan ejaan yang disempurnakan pada karangan yang ditulis siswa-siswi kelas V MI Al-Islam. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kesalahan penggunaan tanda baca dan ejaan dalam karangan pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V MI Al-Islam. Sedangkan tujuannya adalah untuk mendeskrifsikan kesalahan penggunaan tanda baca dan penggunaan ejaan yang paling dominan dalam karangan siswa kelas V MI Al-Islam. Jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah hasil karangan siswa kelas VA MI Al-Islam dengan jumlah siswa 30 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan pembahasan dari data hasil penelitian tentang analisis kesalahan tanda baca dan ejaan yang disempurnakan (EYD) dalam karangan pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VA MI Al-Islam, maka penulis dapat berikan kesimpulan bahwa secara umum siswa-siswi kelas VA MI Al-Islam belum menguasai penggunaan tanda baca (.) dan tanda koma (,) dalam menulis karangan. Adapun dalam penggunaan ejaan masih belum menguasai penggunaan huruf kapital. Secara klasikal siswa belum mampu memahami penggunaan tanda baca dan ejaan yang disempurnakan (EYD) dalam membuat suatu karangan. Karena siswa masih kesulitan dalam memahami penggunaan tanda baca dan ejaan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kesalahan Tanda Baca dan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) Dalam Karangan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms silih fitriasih
Date Deposited: 05 Apr 2019 07:52
Last Modified: 05 Apr 2019 07:52
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2814

Actions (login required)

View Item View Item