HUBUNGAN MOTIVASI VERBAL DAN NON VERBAL GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III DI MI AL-ISLAM SUMBER JAYA KECAMATAN KAMPUNG MELAYU KOTA BENGKULU

HARYANTI, YULI (2019) HUBUNGAN MOTIVASI VERBAL DAN NON VERBAL GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III DI MI AL-ISLAM SUMBER JAYA KECAMATAN KAMPUNG MELAYU KOTA BENGKULU. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
akripsi yuli.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Yuli Haryantii, November, 2018, Judul Skripsi “Hubungan motivasi verbal dan non verbal guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas III di MI Al-Islam Sumber Jaya Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu”. Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Tadris, IAIN Bengkulu. Pembimbing: 1. Dra. Khermarinah M.Pd, 2. Dr. Irwan Satria M.Pd Kata kunci : Motivasi Verbal dan Nonverbal Guru, Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Hubungan Motivasi Verbal dan Non Verbal Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika kelas III Di MI Al-Islam Sumber Jaya Kota Bengkulu. Penelitian ini telah dilakukan pada bulan September sampai dengan bulan Oktober 2018 di MI Al-Islam Kota Bengkulu. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III di MI Al-Islam Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang tidak memberi peluang/kesempatan yang sama bagi setiap unsur atau anggota populasi. Adapun teknik yang digunakan adalah sampling purposive yaitu penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. adapun yang menjadi sampel yang berjumlah 35 orang siswa.. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Dengan demikian hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi verbal dan nonverbal guru berhubungan terhadap hasil belajar siswa di MI Al-Islam Kota Bengkulu. Hal ini terbukti dari hasil penyebaran angket motivasi verbal dan nonverbal guru dengan perhitungan Mean 55,8 dan standar deviasi 4,97, serta rata-rata TSRnya 22 responden (62,86 % ) dikategorikan sedang. Sedangkan hasil belajar siswa yang dilihat dari nilai raport dengan Mean 66,29 dan standar deviasi 8,39 serta rata-rata TSRnya 24 responden ( 68,57 % ) dikategorikan sedang. Hal ini diketahui dari hasil hitung korelasi pada taraf signifikan 5% ternyata R hitung = 0,657 lebih besar dari pada R tabel 35 = 0,344. Dengan kata lain R hitung lebih besar dari R tabel. Berarti terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi verbal dan nonverbal guru dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Verbal dan Nonverbal Guru, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms silih fitriasih
Date Deposited: 05 Apr 2019 07:53
Last Modified: 05 Apr 2019 07:53
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2818

Actions (login required)

View Item View Item