Susanti, Depa (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 52 SELUMA. Other thesis, IAIN Bengkulu.
|
Text
SKRIPSI DEPA SUSANTI.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Depa Susanti, NIM. 1316240928, judul “Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Motivasi Belajar pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD Negeri 52 Seluma”. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap motivasi belajar pada pembelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri 52 Seluma. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap motivasi belajar pada pembelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri 52 Seluma. Jenis penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah penelitian ekperimen semu (quasi eksperimen) dengan pendekatan kuantitatif komparasional. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri 52 Seluma. Hal ini dapat dilihat dari Fhitung yang diperoleh adalah 3,29 sedangkan Ftabel=2,01 dan 2,68 maka Fhitung lebih besar dari Ftabel baik pada taraf signifikansi 5% maupun pada taraf signifikansi 1%. Motivasi belajar siswa yang menggunakan pembelajaran kontekstual lebih baik dari pada yang menggunakan pembelajaran konvesional dalam mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 52 Seluma. Kata Kunci: Pembelajaran Kontekstual, Motivasi Belajar, IPA.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Kontekstual, Motivasi Belajar, IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ms silih fitriasih |
Date Deposited: | 05 Apr 2019 07:53 |
Last Modified: | 05 Apr 2019 07:53 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2820 |
Actions (login required)
View Item |