PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI SDN 08 KOTA BENGKULU

Mahmudah, Zulfatun (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI SDN 08 KOTA BENGKULU. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
Skripsi Zulfatun Mahmudah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Zulfatun Mahmudah, NIM. 1416242694, Agustus 2018 judul Skripsi: “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas V Di SDN 08 Kota Bengkulu”. Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Tadris, IAIN Bengkulu. Pembimbing : 1. Drs. H. M. Nasron HK, M.Pd. I; 2. Aziza Aryati, M.Ag Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Motivasi Belajar Di SDN 08 Kota Bengkulu ditemukan bahwa motivasi siswa kelas V dalam proses pembelajaran IPA masih kurang, dimana saat guru menjelaskan pelajaran beberapa siswa tidak memperhatikan dan sibuk berbicara dengan teman sebangkunya, siswa sibuk menggambar, mata pelajaran IPA juga menjadi salah satu pelajaran yang dirasa sulit oleh siswa, khususnya biologi yang di dalam kompetensinya mempelajari lingkungan, sistem kehidupan tumbuhan, hewan, dan manusia. Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V di SDN 08 kota Bengkulu? Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan hipotesis asosiatif. Adapun data penelitian akan dianalisis menggunakan analisis kuantatif dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA Kelas V di SDN 08 Kota Bengkulu. Hal ini terlihat dari hasil analisis pengolahan data dimana nilai koefisien determinasi sebesar 79%. Dengan kata lain, model pembelajaran kooperatif tipe STAD memberikan kontribusi atau mempengaruhi secara positif motivasi belajar siswa sebesar 79%. dan sisanya dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sementara itu dari hasil uji F, yang menunjukkan nilai positif dimana Fhitung = 88,57 lebih besar dari Ftabel pada taraf 5% (4,28) maupun pada taraf signifikan 1% (7,88).

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms silih fitriasih
Date Deposited: 05 Apr 2019 07:53
Last Modified: 05 Apr 2019 07:53
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2823

Actions (login required)

View Item View Item