PENGARUH MEDIA CORONG BERHITUNG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS II DI SD NEGERI 02 SELUMA

Purnama Sari, Ira (2019) PENGARUH MEDIA CORONG BERHITUNG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS II DI SD NEGERI 02 SELUMA. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
Skripsi (Revisi)-1.pdf

Download (946kB) | Preview

Abstract

Ira Purnama Sari. NIM : 1416242774. Skripsi “Pengaruh Media Corong Berhitung Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas II di SD Negeri 02 Seluma”. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Tadris IAIN Bengkulu. Pembimbing : 1. Dr. H. Zulkarnain Dali, M.Pd, 2. Dr. Irwan Satria, M.Pd. Kata kunci : Hasil Belajar, Media Corong Berhitung, Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh antara penggunaan media corong berhitung terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran matematika di Kelas II SD Negeri 02 Seluma. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen disebut quasi eksperimen. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, tes dan dokumentasi. Uji validitas data yaitu dengan menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas data dengan teknik Alfa Cronbach. Teknik analisis yang digunakan dengan menggunakan rumus Separated Varians. Hasil dari penelitian ini yaitu: bahwa peneliti menerapkan media pembelajaran corong berhitung pada pelajaran matematika di Kelas II di SD Negeri 02 Seluma sebanyak 4 (empat) kali pertemuan dengan memberikan soal evaluasi pretest dan post test, baik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Setelah penulis melakukan uji validitas soal tes matematika, didapatkan hasil ada 25 item soal tes yang dinyatakan valid. Selanjutnya 25 item soal tes yang dinyatakan valid tersebut, dijadikan sebagai soal evaluasi post test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil post test yang telah diperoleh Kelas II A sebagai kelas eksperimen dengan nilai rata-rata sebesar 75,44, sedangkan hasil post test yang telah diperoleh Kelas II B sebagai kelas kontrol dengan nilai rata-rata yaitu 72,48 dapat dibuktikan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa Kelas II antara penggunaan media corong berhitung dengan penerapan model pembelajaran konvensional, yaitu thitung > ttabel (3,40 > 2,00) yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, sedangkan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Angka tersebut menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media corong berhitung terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika Kelas II. Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen yang menerapkan media pembelajaran corong berhitung, nilai hasil belajar pelajaran matematikanya lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat penulis buat kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media corong berhitung terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika Kelas II di SD Negeri 02 Seluma.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Media Corong Berhitung, Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms silih fitriasih
Date Deposited: 05 Apr 2019 07:54
Last Modified: 05 Apr 2019 07:54
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2827

Actions (login required)

View Item View Item