PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV MIN 2 KOTA BENGKULU

Yanti, Sri (2019) PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV MIN 2 KOTA BENGKULU. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
Bab I-V.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sri Yanti, NIM. 212324981, 2019 judul Skripsi: “Penggunaan Metode Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Deskripsi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV MIN 2 Kota Bengkulu”. Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Tadris, IAIN Bengkulu. Pembimbing : 1. Hj. Asiyah, M.Pd, 2. SAlamah, SE.,M.Pd Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Mind Mapping, Menulis Deskripsi Berdasarkan observasi awal yang dilakukan oleh peneliti pada 20 September 2017 diperoleh informasi bahwa kemampuan menulis deskripsi siswa kelas IV di MIN 2 Kota Bengkulu masih sangat rendah karena menunjukkan bahwa dalam pembelajaran menulis deskripsi masih kurang efektif. Hal ini ditandai dengan adanya siswa yang kurang bersungguh-sungguh dalam menulis deskripsi. Siswa belum terampil dalam menyusun kata dan memilih kata yang tepat. Adapun rumusan masalah dalam peneleitian ini: Apakah dengan metode pembelajaran Mind mapping dapat meningkatkan kemampuan menulis deskripsi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia? Serta apakah dengan metode pembelajaran Mind mapping dapat meningkatkan kualitas pembelajaran menulis deskripsi siswa kelas IV MIN 2 Kota Bengkulu? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (classroom action research) penelitian tindakan kelas (PTK) merupakan sebuah bentuk kegiatan refleksi diri yang dilakukan oleh para pelaku pendidikan dalam suatu situasi kependidikan untuk memperbaiki rasionalitas dan keadilan tentang praktik-praktik kependidikan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keberhasilan pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV MIN 2 Pagar Dewa dapat ditingkatkan melalui Metode pembelajaran mind mapping. Dalam proses pembelajaran, penggunaan penerapan model mind mapping juga dapat meningkatkan efisiensi kemampuan menulis pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran mind mapping pada materi Menulis deskriptif menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis siswa yang dikategorikan baik dan memuaskan dengan rentang pada siklus I dan siklus II, hal ini terlihat dari hasil tes belajar dari siklus I dan siklus II yang meningkat dari 60 % menjadi 83 %.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Mind Mapping, Menulis Deskripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms silih fitriasih
Date Deposited: 05 Apr 2019 07:54
Last Modified: 05 Apr 2019 07:54
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2828

Actions (login required)

View Item View Item