PENGARUH MEDIA BATANG NAPIER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III DI SDN 53 TALANG ALAI KABUPATEN SELUMA

Eka Saputri, Mesy (2019) PENGARUH MEDIA BATANG NAPIER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III DI SDN 53 TALANG ALAI KABUPATEN SELUMA. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB I-V.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Mesy Eka Saputri, NIM : 1316241505, Dengan judul skripsi : “Pengaruh Media Batang Napier Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD Negeri 53 Talang Alay”. Pembimbing I Dra. Hj. Khairunnisa, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Aam Amaliyah. M.Pd Kata Kunci : Batang Napier Penelitian adalah suatu proses yang dilakukan peneliti yang bertujuan untuk mencari jawaban atas pertanyaan penelitian. Metode penelitian merupakan suatu proses yang meliputi langkah-langkah dalam rangka pemecahan masalah atau dapat menjawab terhadap permasalahan yang hendak dipecahkan. Sedangkan metodelogi penelitian mengemukakan secara teknis metode-metode yang digunakan dalam penelitian. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metodologi penelitian menbahas konsep umum tentang metode, sedangkan metode penelitian membahas secara teknis tentang metode yang digunakanAdapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 26 orang siswa pada SDN 53 Talang Alay Kabupaten Seluma Tahun Ajaran 2017/2018 yang dipilih satu kelas dari empat kelas, berdasarkan rekomendasi dari guru kelas dengan pertimbangan kemanpuan siswa yang hampir merata. Penggunaan Batang Napier pada mata pelajaran Matematika di kelas III SD Negeri 53 Talang Alai Kabupaten Seluma sangatlah bermanfaat dan sangat membantu para guru untuk memberikan penjelasan terhadap materi ajar. Media Batang Napier sangatlah signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukan dari perbedaan hasil analisis data, dimana sebelum dilakukan eksperimen diperoleh nilai thitung lebih kecil dari pada ttabel (thitung = 3,04 < ttabel = 0,05) artinya tidak terdapat perbedaan nilai rata-rata hasil belajar antara kelas kontrol dan eksperimen kemudian dilakukan tes hasil belajar diperoleh nilai thitung lebih besar dari ttabel ( thitung = 3,04 > ttabel = 0,05) artinya terdapat perbedaan yang sangat signifikan nilai rata-rata hasil belajar antara pengguna media Batang Napier dan model konvensional.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Batang Napier
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms silih fitriasih
Date Deposited: 05 Apr 2019 07:54
Last Modified: 05 Apr 2019 07:54
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2831

Actions (login required)

View Item View Item