PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE AND OUTSIDE CIRCLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI 77 KOTA BENGKULU

Winarti, Winarti (2019) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE AND OUTSIDE CIRCLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI 77 KOTA BENGKULU. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI WINARTI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Winarti. 2018. Skripsi “Penggunaan model pembelajaran Inside And Outside Circle untuk meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan alam siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri 77 Kota Bengkulu”. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Tadris IAIN Bengkulu. Pembimbing : 1. Dr. Zubaedi, M.Ag., M.Pd, 2. Saepudin, M.Si. Kata kunci : Model pembelajaran Inside-Outside Circle, IPA, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh realitas masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SDN 77 Kota Bengkulu. Hal ini disebabkan oleh penerapan metode atau model pembelajaran yang kurang tepat. Berdasarkan hasil pengamatan awal terungkap adanya masalah yang sering muncul seperti siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran IPA, kurangnya pemahaman siswa tentang materi yang diajarkan, pembelajaran masih di dominasi oleh guru dan belum diterapkannya pembelajaran inovatif di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model inside-outside circle dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 77 Kota bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) atau disebut dengan classroom action research yaitu proses pengkajian masalah pembelajaran di dalam kelas melalui refleksi diri dalam upaya untuk memecahkan masalah tersebut dengan cara melakukan berbagai tindakan yang terencana dalam situasi nyata serta menganalisis setiap pengaruh dari perlakuan tersebut. Dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Sumber dari data adalah siswa kelas V yang berjumlah 30 siswa dan guru kelas V sebagai kolaborator. Penerapan model pembelajaran inside-outside circle pada pelajaran IPA tentang mengidentifikasi cara makhluk hidup menyesuaikan diri terhadap lingkungan di kelas V SD Negeri 77 Kota bengkulu, yaitu siswa melihat langsung (observasi) media gambar berupa gambar hewan menyesuaikan diri dengan lingkungan dan tumbuhan untuk mempertahankan hidup yang disediakan guru, selanjutnya guru memandu langsung proses pembelajaran dengan lingkaran kelompok yang membahas tentang makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan. Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada Siklus I dan Siklus II untuk menerapkan model pembelajaran inside-outside circle pada pelajaran IPA terbukti telah meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut terlihat dari hasil presentase ketuntasan belajar siswa pada Siklus I sebesar 60% dan meningkat pada siklus II yaitu sebesar 90 %. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inside-outside circle dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 77 Kota bengkulu.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Inside-Outside Circle, IPA, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms silih fitriasih
Date Deposited: 05 Apr 2019 07:54
Last Modified: 05 Apr 2019 07:54
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2833

Actions (login required)

View Item View Item