STRATEGI PENDIDIKAN KELUARGA DALAM MENGANTISIPASI KRISIS MORAL DI KALANGAN REMAJA DI DESA PADANG TAMBAK KECAMATAN KARANG TINGGI KABUPATEN BENGKULU TENGAH

ENGGRENI, FRISTINE (2019) STRATEGI PENDIDIKAN KELUARGA DALAM MENGANTISIPASI KRISIS MORAL DI KALANGAN REMAJA DI DESA PADANG TAMBAK KECAMATAN KARANG TINGGI KABUPATEN BENGKULU TENGAH. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
Bab I-V.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi atas nama:, “Fristine Enggreni , NIM. 1416523135, dengan judul ’’Strategi Pendidikan Keluarga Dalam Mengantisipasi Krisis Moral di Kalangan Remaja di Desa Padang Tambak Kecamatan Karang Tinggi Kabupaten Bengkulu Tengah” Pembimbing I: Deni Febrini, M.Pd, Pembimbing II: Abdul Aziz Mustaqim, M.Pd.I Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui strategi yang digunakan dalam mengembangkan pendidikan Islam dalam mengantisipasi krisis moral pada kalangan remaja, bentuk-bentuk krisis moral dan faktor yang mempengaruhi sehingga terjadi krisis moral di kalangan remaja. Dan mengetahui dampak negatif dan cara yang dilakukan pendidikan Islam dalam menanggulangi terjadinya krisis moral pada kalangan remaja di Di Desa Padang Tambak Kecamatan Karang Tinggi Kabupaten Bengkulu Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif denagn pendekatan deskriptif, teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Dari hasil penelitian ini peniliti dapat menyimpulkan bahwa bentuk-bentuk kenakalan remaja di desa Padang Tambak yaitu: 1) Bentuk-bentuk krisis moral yang ada di desa Padang Tambak diantaranya adalah: Membolos atau tidak masuk sekolah tanpa ada keterangan; Merokok; Terlambat datang di sekolah atau masuk sekolah; Tidak Mengerjakan PR; Tidak patuh kepada guru; tidak patuh kepada orang tua; Melanggar tata tertib sekolah, seperti: tidak tidak menggunakan seragam sekolah/seragam tidak sesuai dengan ketentuan sekolah, rambut panjang bagi laki-laki, dan lain sebagainya Adapun faktor penyebab kenakalan remaja di desa Padang Tambak yaitu : a) Lingkungan Keluarga: Disharmonis keluarga dan Broken home (perpecahan keluarga); b) Karena kurang rasa kasih sayang dan perhatian dari orang tua; c) Masalah ekonomi yang pas-pasan sehingga kebutuhan anak tidak bisa terpenuhi; d) Lingkungan Sekolah yaitu situasi yang kurang mendukung misalnya dari teman bergaulnya; e) Lingkungan Masyarakat adalah lingkungan yang terluas bagi remajadan adanya kemajuan teknologi yang disalahgunakan. Strategi pendidikan keluarga yang dilakukan untuk menanggulangi krisis moral remaja di desa Padang Tambak yakni dengan mengadakan kegiatan keagamaan; menjalin kerjasama kepada pihak sekolah dan juga masyarakat adalah salahsatu sarana administrasi pendidikan; mengadakan pendekatan langsung kepada remaja yang bermasalah (Bimbingan Pribadi) ; Menekankan pembinaan moral

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: strategi, pendidikan moralkalangan remaja.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms silih fitriasih
Date Deposited: 05 Apr 2019 07:54
Last Modified: 05 Apr 2019 07:54
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2836

Actions (login required)

View Item View Item