PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING DENGAN METODE EKSPOSITORI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS V SD NEGERI 91 DESA KEMANG MANIS BENGKULU SELATAN

Marisa, Ani (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING DENGAN METODE EKSPOSITORI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS V SD NEGERI 91 DESA KEMANG MANIS BENGKULU SELATAN. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
ANI MARISA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Nama : Ani Marisa, Nim : 1416242712 Judul Skripsi adalah “perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode role playing dengan metode ekspositori pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas V SD Negeri 91 Desa Kemang Manis Bengkulu Selatan” Permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah : apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode role playing dengan metode ekspositori pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas V SD Negeri 91 Desa Kemang Manis Bengkulu Selatan. Sedangkan tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode role playing dengan metode ekspositori pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas V SD Negeri 91 Desa Kemang Manis Bengkulu Selatan. sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 91 Desa Kemang Manis Bengkulu Selatan yang dibagi menjadi 2 kelompok, yakni kelompok A sebagai kelompok eksperimen dan kelompok B sebagai kelompok kontrol. Adapun kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen nilai rata-rata pretest = 44, setelah diberi perlakuan meningkat menjadi = 82. Sedangkan pada kelas kontrol rata-rata pretest = 41, setelah diberi perlakuan menjadi = 74,3. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode role playing dengan metode ekspositori pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas V SD Negeri 91 Desa Kemang Manis Bengkulu Selatan. Hal ini dapat dibuktikan dari perhitungan diperoleh thitung = 3,42 dan nilai ttabel = 2,086 hal ini berarti thitung> ttabel. Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Role Playing, Metode Ekspositori.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Metode Role Playing, Metode Ekspositori.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms silih fitriasih
Date Deposited: 10 Apr 2019 04:06
Last Modified: 10 Apr 2019 04:06
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2839

Actions (login required)

View Item View Item