POLA PENERAPAN PERMAINAN BERDIRI SATU KAKI DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA DINI DI RA AL AMIN KOTA BENGKULU

Kamini, Junaita (2017) POLA PENERAPAN PERMAINAN BERDIRI SATU KAKI DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA DINI DI RA AL AMIN KOTA BENGKULU. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI JUNAITA KAMINI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Junaita Kamini, Agustus 2017, Pola Penerapan Permainan Berdiri Satu Kaki dalam Mengembangkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini di RA AL- AMIN Kota Bengkulu, Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, Fakultas Tarbiyah dan Tadris, IAIN Bengkulu. Pembimbing 1 Deni Febrini, M.Pd, Pembimbing 2 Fatrica Syafri, M.Pd.I. Kata Kunci : Permainan Berdiri Satu Kaki, Kecerdasan Kinestetik, Anak Usia dini Penelitian ini dilatarabelakangi oleh karena banyaknya aktivitas yang dilakukan oleh anak yang disalurkan melalui gerakan kinestetik. Permasalahan penelitian adalah Bagaimanakah Pola Penerapan Permainan Berdiri Satu Kaki dalam Mengembangkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini di RA AL- AMIN Kota Bengkulu ? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan Permainan Berdiri Satu Kaki dan Mengembangkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini di RA AL- AMIN Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui beberapa cara yaitu melalui observasi, saat observasi peneliti menggunakan lembar observasi untuk mengobservasi proses permainan berdiri satu kaki akan dimulai. Cara yang kedua adalah wawancara, yang dilakukan antara peneliti dengan kepala sekolah dan guru kelas serta beberapa siswa. Cara yang ketiga yaitu dokumentasi berupa dokumen sekolah dan foto-foto kegiatan selama proses penelitian. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Pola penerapan permainan berdiri satu kaki dalam mengembangkan kecerdasan kinestetik Anak Usia Dini di RA AL- AMIN Kelurahan Lingkar Timur Kota Bengkulu dapat dikatakan baik dan dapat diterapkan dengan baik oleh guru, serta dapat diikuti dengan baik oleh siswa. Karena siswa dapat memahami tentang bagaimana cara melatih keseimbangan tubuh dengan baik serta bersosialisasi dengan teman dan guru, sehingga permainan tersebut sesuai dengan arahan yang diberikan oleh guru serta dapat menumbuh kembangkan daya ingat anak dalam mengembangkan kreativitas anak yang dilakukan dalam permainan berdiri satu kaki.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Permainan Berdiri Satu Kaki, Kecerdasan Kinestetik, Anak Usia dini
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: ms silih fitriasih
Date Deposited: 10 Apr 2019 04:06
Last Modified: 10 Apr 2019 04:06
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2841

Actions (login required)

View Item View Item