MENGEMBANGKAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL MELALUI KEGIATAN MENGGAMBAR DI TK SEPAKAT KECAMATAN TALO

KAROLINA, LIDIYA (2018) MENGEMBANGKAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL MELALUI KEGIATAN MENGGAMBAR DI TK SEPAKAT KECAMATAN TALO. Other thesis, Iain Bengkulu.

[img]
Preview
Text
Skripsi Lidia.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Lidiya Karolina, NIM. 1316251520, 2017 judul Skripsi: “Mengembangkan Kecerdasan Visual Spasial Melalui Kegiatan Menggambar Di Tk Sepakat Kecamatan Talo”. Skripsi: Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Tadris, IAIN Bengkulu. Pembimbing : 1. Deni Febrini, M.Pd, 2. Aam Amaliyah, M.Pd Kata Kunci: Visual Spasial, Kegiatan Menggambar Di tengah beragam altematif Pendidikan Raudatul Athfal/Taman Kanak- Kanak, pada dasarnya tujuan Pendidikan Raudatul Athfal/Taman Kanak-Kanak adalah membantu peserta didik mengembangkan berbagai kemampuan atau kecerdasan yang dimiliki oleh setiap anak baik psikis maupun fisik, yang biasa disebut “Multiple Intelegences”. Kecerdasan visual spasial merupakan salah satu kecerdasan majemuk yang memiliki kemampuan untuk memvisualisasikan berbagai hal dan memiliki kelebihan dalam hal berpikir melalui gambar Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Kecerdasan visual spasial anak di TK sepakat kecamatan talo? Bagaimana mengembangkan Kecerdasan visual spasial melalui kegiatan menggambar di TK sepakat kecamatan talo? Sedangkan tujuannya adalah: 1) Untuk mengetahui Kecerdasan visual spasial melalui kegiatan menggambar di TK sepakat kecamatan talo; 2) Untuk mengetahui pengembangan Kecerdasan visual spasial melalui kegiatan menggambar di TK sepakat kecamatan talo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, metode deskriptif kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perkembangan anak dalam mengenal warna di TK Sepakat Kecamatan Talo secara umum masih kurang, ini di faktori oleh pemahaman anak mengenal warna, bentuk dan pola masih kurang, sehingga dalam pembelajaran diberikan pengenalan secara bertahap. Kecerdasan visual-spasial pada anak dikembangkan dengan bermain, menggambar atau melukis, mewarnai, berimajinasi, bercerita, proyek dekorasi, permainan. Pengenalan visual spasialnya ya misalnya dilakukan dengan bermain grafik dan menggambar denah, pengenalan dan pemaduan warna dilakukan dengan kartu warna, mewarnai, dan cipta warna, pengembangan kemampuan menggambar dilakukan dengan melukis dengan fingerpainting, melengkapi gambar, menggambar objek, dan gambar ukir. Penajaman kemampuan visual dirangsang dengan latihan observasi, teropong kertas, kaca pembesar.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Visual Spasial, Kegiatan Menggambar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: ms silih fitriasih
Date Deposited: 10 Apr 2019 04:06
Last Modified: 10 Apr 2019 04:06
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2843

Actions (login required)

View Item View Item