IMPLEMENTASI KONSEP ZONE OF PROXIMAL DEVELOPMENT ( ZPD) MENURUT VYGOTSKY PADA PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI DALAM TINJAUAN PENDIDIKAN ISLAM

SARI, RATNA (2018) IMPLEMENTASI KONSEP ZONE OF PROXIMAL DEVELOPMENT ( ZPD) MENURUT VYGOTSKY PADA PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI DALAM TINJAUAN PENDIDIKAN ISLAM. Other thesis, Iain Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RATNA SARI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Ratna Sari Juli, 2018, Implementasi Konsep Zone Of Proximal Development(ZPD) Menurut Vygotsky Pada Perkembangan Anak Usia Dini Dalam Tinjauan Pendidikan Islam, Skripsi: Program Studi Pendidikan Islam anak usia dini Fakultas Tarbiyah dan Tadris, IAIN Bengkulu. Pembimbing : 1. Dr,Zubaedi M. Ag, M. Pd, 2. Fatrica Syafri, M. Pd.I Kata Kunci : Konsep ZPD, Vygotsky, Perkembangan anak, Tinjauan pendidikan islam. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Implementasi Konsep zone of proximal development(ZPD) menurut Vygotsky pada perkembangan anak usia dini dalam tinjauan Pendidikan Islam. Dengan tujuan yang akan dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana konsep ZPD pada perkembangan anak usia dini dan tentunya di tinjau juga dari pendidikan islam . Untuk mengetahuikonsep ZPD pada perkembangan anak usia dini ini, penulis menggunakan Jenis penelitian yang penulis gunakan dalam melakukan penelitian ini ialah penelitian kajian kepustakaan (library research). yaitu, penelitian teks/naskah, penelitian materi bahasa dan sastra, dan penelitian-penelitian suatu korpus yang sumbernya dari bahan-bahan pustaka Penelitian ini digunakan untuk memecahkan masalah yang aktual dengan cara mengumpulkan data, menyusun atau mengkelarifikasi, dan menganalisanya, teknik pengumpulan data, mengadakan studi penelaahan terhadap buku-buku, literatur-literatur, catatan-catatan, dan laporan-laporan yang ada hubungannya dengan masalah yang dipecahkan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Zone of proximal development (ZPD) adalah jarak antara kemampuan siswa untuk melakukan tugas di bawah bimbingan orang dewasa dengan pemecahan masalah secara mandiri sesuai kemampuan siswa. ZPD menurut Vygotsky ini juga dialami pada anak usia dini yaitu pada perkembangan anak usia dini dari anak lahir atau belum bisa, sampai anak bisa melakukan sesuatu, Contohnya, agar anak mampu berlari maka sebelumnya anak harus mampu berdiri dan merangkak terlebih dahulu.pemikiran Vygotsky tentang ZPD sesuai perspektif islam ada kesinambungan prinsip, yaitu ketika pendidikan anak usia dini perlu dilakukan pendidikan secara optimal dengan kasih sayang dan pendampingan

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Konsep ZPD, Vygotsky, Perkembangan anak, Tinjauan pendidikan islam.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: ms silih fitriasih
Date Deposited: 10 Apr 2019 04:07
Last Modified: 10 Apr 2019 04:07
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2849

Actions (login required)

View Item View Item