PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERWARNA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA DI PAUD WITRI 1 KOTA BENGKULU

ELIA GUSMITA, DEWI (2018) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERWARNA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA DI PAUD WITRI 1 KOTA BENGKULU. Other thesis, Iain Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DEWI ELIA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dewi Elia Gusmita, NIM. 1316251517, 2018 judul Skripsi: “Penggunaan Media Gambar Berwarna Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna di PAUD Witri 1 Kota Bengkulu”. Skripsi: Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Tadris, IAIN Bengkulu. Pembimbing : 1. Deni Febrini, M.Pd, 2. Dra. Aam Amaliyah, M.Pd Pembelajaran mengenal warna pada anak tidak berkembang disebabkan karena tidak adanya dorongan atau motivasi orang tua dalam memfasilitasi kebutuhan bermain anak. Kurang adanya alat permainan yang dapat menambahkan kemampuan mengenal warna anak. Orang tua selalu melarang anak bermain menggunakan barang-barang bekas. Padahal dari barang-barang bekas anak akan lebih kreatif dalam membuat permainan. Kurangnya pengetahuan orang tua tentang pengarah alat permainan terhadap kemampuan anak. Kurangnya media-media baik diramah maupun di sekolah, mengakibatkan anak kurang aktif. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media gambar berwarna dapat meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak PAUD Witri 1 Kota Bengkulu ? Sedangkan tujuannya adalah untuk mengetahui penggunaan media gambar berwarna dapat meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak PAUD Witri 1 Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian classroom action research penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun teknik pengumpulan datanya dalam penelitian ini adalah menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian melalui media gambar berwarna secara keseluruhan terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenal warna anak. Ini dapat dilihat melalui tindakan pra siklus, siklus I dan siklus II yang terjadi peningkatan secara signifikan, ini dibuktikan dengan hasil pencapaian anak pada kemampuan mengenal warna 80%, kemampuan menunjuk warna 80 %, dan pengelompokkan warna 75%. Hasil rata-rata kelas yang dicapai 78 %. Hasil tersebut belum mencapai batas kriteria yang akan dicapai peneliti sebesar 75%. Selanjutnya melalui pendekatan media gambar berwarna anak dapat lebih aktif dan memberikan pengetahuan dan pengalaman baru dalam pembelajaran. Kata Kunci: Media Gambar Berwarna, Kemampuan Mengenal Warna

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Media Gambar Berwarna, Kemampuan Mengenal Warna
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: ms silih fitriasih
Date Deposited: 10 Apr 2019 04:07
Last Modified: 10 Apr 2019 04:07
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2851

Actions (login required)

View Item View Item