PENGARUH MEDIA CERITA BERGAMBAR TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK DI PAUD WITRI 1 KOTA BENGKULU

SYAFITRI, ARTIKA (2018) PENGARUH MEDIA CERITA BERGAMBAR TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK DI PAUD WITRI 1 KOTA BENGKULU. Other thesis, Iain Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ARTIKA BAB 1-V.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Artika Syafitri, NIM. 1316251088, 2017 judul Skripsi: “Pengaruh Media Cerita Bergambar Terhadap Perkembangan Bahasa Anak di PAUD Witri 1 Kota Bengkulu”. Skripsi: Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Tadris, IAIN Bengkulu. Pembimbing : 1. Hj. Asiyah, M.Pd 2. Dra. Aam Amaliyah, M.Pd Penelitian ini dilatar belakangi bahwa secara keseluruhan pembelajaran anak usia dini pada PAUD Witri 1 Kota Bengkulu belum sepenuhnya berjalan baik, dilihat dalam menstimulasi perkembangan bahasa anak khususnya dalam berbicara masih perlu variasi dan inovasi metode serta permainan. Hal tersebut terlihat pada saat proses pembelajaran berlangsung anak cenderung pasif dan kurang optimal dalam mengungkapkan ide atau gagasannya. Metode pembelajaran untuk menstimulasi perkembangan bahasa khususnya dalam berbicara yang diberikan guru hanya dengan metode bercakap-cakap saja, sehingga anak kurang tertarik dan cepat bosan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah ada pengaruh media cerita bergambar terhadap perkembangan bahasa anak di PAUD Witri 1 Kota Bengkulu? Adapun tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan. Tujuan penelitian ini adalah ada pengaruh media cerita bergambar terhadap perkembangan bahasa anak di PAUD Witri 1 Kota Bengkulu? Adapun tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Metode penelitian eksperimen merupakan metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah peneliti lakukan mengenai pengaruh media cerita bergambar terhadap perkembangan bahasa anak Paud Witri 1 Kota Bengkulu, dapat disimpulkan bahwa dari perhitungan thitung dengan nilai ttabel maka didapatkan nilai thitung yaitu 5,477 > nilai ttabel yaitu 4,35 maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti ada pengaruh media cerita bergambar terhadap perkembangan bahasa anak taman kanak-kanak Witri 1 Kota Bengkulu dengan nilai signifkansi 0,000 < nilai α yaitu 0,05. Di samping itu, hasil penelitian yang telah peneliti lakukan, dapat disimpulkan bahwa media cerita bergambar dapat mempengaruhi kemampuan perkembangan bahasa anak Paud Witri 1 Kota Bengkulu, serta dapat meningkatkan kemampuan bahasa menjadi berkembang lebih baik. Kata Kunci : Media Cerita Bergambar, Perkembangan Bahasa Anak

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Media Cerita Bergambar, Perkembangan Bahasa Anak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: ms silih fitriasih
Date Deposited: 10 Apr 2019 04:08
Last Modified: 10 Apr 2019 04:08
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2853

Actions (login required)

View Item View Item