PEMBELAJARAN DENGAN BERMAIN PUZZLE DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK AUTIS DI AUTIS CENTRE KOTA BENGKULU

ARDIATI, LUCY (2018) PEMBELAJARAN DENGAN BERMAIN PUZZLE DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK AUTIS DI AUTIS CENTRE KOTA BENGKULU. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
skripsi Lucy.pdf

Download (445kB) | Preview

Abstract

LUCY ARDIATI. NIM 1416253052. JUDUL POLA PEMBELAJARAN DENGAN BERMAIN PUZZLE DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK AUTIS DI AUTIS CENTRE KOTA BENGKULU Kata kunci: Bermain Puzzle, Perkembangan Kognitif, Anak Autis Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya pengembangan kemampuan kognitif anak autis. Pengembangan kemampuan kognitif anak autis dapat dilakukan oleh guru dengan menerapkan permainan puzzle. Atas dasar ini, permasalahan penelitian ini adalah apakah bermain puzzle dapat memengaruhi perkembangan kognif anak sebab dari bermain puzzle anak dapat menyusun puzzle. Penelitian ini didapatkan atas asumsi bahwa bermain puzzle anak mendapatkan berbagai macam pelajaran, misalnya anak dapat mengetahui warna, bentuk, rasa dan lain-lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana perkembangan kognitif anak bermain puzzle dan bagaimana pola pembelajaran anak melalui bermain puzzle di Autis Centre Kota Bengkulu. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, dengan menggunakan metode dokumentasi, observasi dan wawancara. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode teknik deskriftif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan disimpulkan bahwa perkembangan kognitif anak dapat diasah/dikembangkan melalui bermain puzzle. Pola permainan menerapkan lebih dari satu jenis alat permainan. Jika hanya ada satu pilihan main anak akan cepat bosan dan anak tidak akan betah berada di dalam ruangan. Penelitian ini juga menyimpulkan bahwa penerapan permainan menjadikan anak tertarik dan lebih fokus dalam pembelajaran. Penelitian ini terbukti memengaruhi perkembangan kognitif anak melalui pola pembelajaran yang dilakukan adalah dengan cara melalui pendengaran, pengelihatan dan gerakan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Bermain Puzzle, Perkembangan Kognitif, Anak Autis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: ms silih fitriasih
Date Deposited: 10 Apr 2019 04:08
Last Modified: 10 Apr 2019 04:08
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2856

Actions (login required)

View Item View Item