PELAKSANAAN TERAPI KETERAMPILAN SOSIAL BAGI ANAK AUTIS DI LEMBAGA PENDIDIKAN KHUSUS DAN PENDIDIKAN LAYANAN KHUSUS MUTIARA BUNDA KOTA BENGKULU

PATDRIANI, SISKA (2018) PELAKSANAAN TERAPI KETERAMPILAN SOSIAL BAGI ANAK AUTIS DI LEMBAGA PENDIDIKAN KHUSUS DAN PENDIDIKAN LAYANAN KHUSUS MUTIARA BUNDA KOTA BENGKULU. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SISKA..pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Nama: Siska Patdriani, NIM: 1416253041. Pelaksanaan Terapi Keterampilan Sosial Bagi Anak Autis di Lembaga Pelaksanaan Terapi Keterampilan Sosial Bagi Anak Autis Di Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus Mutiara Bunda Kota Bengkulu. Kata Kunci: Pelaksanaan, Terapi Keterampilan Sosial, Anak Autis Dalam penulisan skripsi ini penulis meneliti dan membahas Pelaksanaan Terapi keterampilan Sosial Bagi Anak Autis di Pelaksanaan Terapi Keterampilan Sosial Bagi Anak Autis Di Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus Mutiara Bunda Kota Bengkulu.Penelitian ini dilatar belakangi masalah gangguan dalam berinteraksi sosial pada anak yang mengalami autisme, seperti tidak mau menatap mata, tidak mampu mencari teman dan menunjukkan wajah tidak berekspresi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan terapi keterampilan sosial bagi anak autis di Pelaksanaan Terapi Keterampilan Sosial Bagi Anak Autis Di Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus Mutiara Bunda Kota Bengkulu.Metode penelitan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Penentuan informan penelitian menggunakan teknik purposive sampling.. Jumlah keseluruhan informan adalah 11 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan terapi keterampilan sosial bagi anak autis di Pelaksanaan Terapi Keterampilan Sosial Bagi Anak Autis Di Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus Mutiara Bunda Kota Bengkulu.a) bentuk terapi keterampilan sosial di Pelaksanaan Terapi Keterampilan Sosial Bagi Anak Autis Di Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus Mutiara Bunda Kota Bengkulu.yaitu dengan terapi bermain dan terapi wicara yang didukung oleh listening skill, b) metode terapi wicara yang digunakan yaitu metode ABA (Applied Behavioral Analysis) yaitu dengan pujian atau hukuman setelah anak autis berhasil melakukan tugas yang diberikan terapis, c) media yang digunakan berupa alat permainan seperti puzzle, papan titian, bola, gambar atau lukisan untuk mengembangkan motorik, sosial, emosi dan intelektual anak autis, serta TV dan HP untuk melatih wicaranya, d) kondisi keterampilan sosial anak autis ada perubahan yang signifikan yaitu sebelum dan sesudah diterapi sangat berbeda, dari anak yang belum mampu merespon dan sulit bersosialisasi hingga mampu bersosialisasi dan meningkatkan keterampilan sosialnya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan, Terapi Keterampilan Sosial, Anak Autis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: ms silih fitriasih
Date Deposited: 10 Apr 2019 04:09
Last Modified: 10 Apr 2019 04:09
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2870

Actions (login required)

View Item View Item