PENGARUH BERMAIN PERAN TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK DI RA BAITUL ISLAH KOTA BENGKULU

MARYANA, WEDIA (2017) PENGARUH BERMAIN PERAN TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK DI RA BAITUL ISLAH KOTA BENGKULU. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI WEDIA MARYANA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Wedia Maryana, NIM. 1316251626, 2017 judul Skripsi: “Pengaruh Bermain Peran Terhadap Kecerdasan Interpersonal Di Ra Baitul Islah Kota Bengkulu”. Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, Fakultas Tarbiyah dan Tadris, IAIN Bengkulu. Pembimbing : 1. Dr. Suhirman, M.Pd, 2. Fatrica Syafri, M.Pd.I Kata Kunci : Bermain Peran, Kecerdasan Interpersonal Pendidikan Anak Usia Dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitik beratkan pada peletakkan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, keerdasan spiritual), sosiol emosional sikap dan perilaku serta beragama), bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah agar pembahasan dalam penelitian ini lebih terarah, maka penulis membatasi permasalahan ini pada : Apakah terdapat pengaruh interaksi antara permaianan bermain peran terhadap kecerdasan interpersonal? Penelitian ini berujuan untuk menganalisis pengaruh interaksi permaianan tradisional anjang-anajangan terhadap kecerdasan interpersonal anak di RA Baitul Islah kota bengkulu. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode eksperimen. adapun teknik pengumpulan data penelitian ini adalah melalui teknik dokumentasi, observasi dan check list. Adapun teknik analisa data penelitian ini adalah melalui uji normalitas data, uji homogenitas. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang diperoleh melalui penelitian tentang pengaruh permainan bermian peran terhadap kecerdasan interpersonal anak di RA Baitul Islah Kota Bengkulu, didapatkan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen lebih tinggi dari pada rata-rata kecerdasan interpersonal anak pada kelompok kontrol karena menggunakan permainan bermian peran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil paired sampel t-test, rata-rata antara pretest dan posttest pada kelas kontrol adalah -1,667 dengan standar deviasi 11,178 dan t-obtained adalah-0,577 . Pada tingkat signifikan 0,05 derajat kebebasan 14. Maka dapat dilihat bahwa t-obtained diperoleh nilai lebih rendah dari pada t-tabel. Dapat disimpulkan tidak ada pengaruh penggunaan gambar terhadap kecerdasan interpersonal anak di RA Baitul Islah Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Bermain Peran, Kecerdasan Interpersonal
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: ms silih fitriasih
Date Deposited: 10 Apr 2019 04:09
Last Modified: 10 Apr 2019 04:09
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2871

Actions (login required)

View Item View Item