PENGARUH PENGGUNAAN METODE BERCERITA MELALUI MEDIA PAPAN FLANEL TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA DINI DI PAUD IKI PTPN 7 KECAMATAN SUKARAJA

MUZAQIAH, IIS (2018) PENGARUH PENGGUNAAN METODE BERCERITA MELALUI MEDIA PAPAN FLANEL TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA DINI DI PAUD IKI PTPN 7 KECAMATAN SUKARAJA. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
IIS.pdf

Download (646kB) | Preview

Abstract

Iis Muzaqiah, NIM. 1416253027, Judul Skripsi: Pengaruh Penggunaan Metode Bercerita Melalui Media Papan Flanel Terhadap Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Di PAUD IKI PTPN 7 Kecamatan Sukaraja, Pembimbing I: Deni Febrini,M.Pd, Pembimbing II: Ahmad Syarifin, M.Ag. Kata kunci: metode bercerita melalui media papan flanel, kemampuan berbahasa Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Metode Bercerita Melalui Media Papan Flanel Terhadap Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Di PAUD IKI PTPN 7 Kecamatan Sukaraja. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksprimen. Penelitian ini mengguakan desain Pretest Posttest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 31 anak, yakni terdiri dari 15 anak kelas eksperimen dan 16 anak kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan skala penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik dengan Uji T dengan bantuan SPSS 18. Berdasarkan hasil penelitian dari hsil observasi oleh peneliti dengan pengisian lembar observasi maka berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode bercerita melalui media papan flanel berpengaruh terhadap kemampuan berbahasa anak. Setelah kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, yang mana kelas eksperimen diberikan perlakuan menggunakan media papan flanel dan kelas kontrol tidak diberikan perlakuan dan berdasarkan analisis data yang diperoleh dapat diketahui bahwa terdapat perubahan hasil belajar anak antara pretest dan posttest baik pada kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol. Ini dapat dibuktikan bahwa Hasil paired sample t-test, rata-rata antara pretest dan posttest pada kelas kontrol adalah 4,313 dengan standar deviasi 2,676 dan t-obtained 6,446. Pada tingkat signifikan 0,05 derajat kebebasan 15. Dapat dilihat bahwa t-obtained diperoleh nilai lebih tinggi dari pada t-tabel. Dapat disimpulkan ada pengaruh metode bercerita melalui media papan flanel terhadap kemampuan berbahasa anak di PAUD IKI PTPN 7 dengan nilai signifikasi 0,000 ˂ nilai α yaitu 0,05.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: metode bercerita melalui media papan flanel, kemampuan berbahasa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: ms silih fitriasih
Date Deposited: 15 Apr 2019 03:16
Last Modified: 15 Apr 2019 03:16
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2879

Actions (login required)

View Item View Item