MASALAH-MASALAH BELAJAR SISWA DAN KETERKAITANNYA DENGAN PENERAPAN HIGH-TOUCH DALAM PROSES PEMBELAJARAN (Studi di Madrasah Aliyah Negeri 2 Bengkulu)

Amaliyah, Aam (2019) MASALAH-MASALAH BELAJAR SISWA DAN KETERKAITANNYA DENGAN PENERAPAN HIGH-TOUCH DALAM PROSES PEMBELAJARAN (Studi di Madrasah Aliyah Negeri 2 Bengkulu). In: International Seminar on Islamic Studies, 28 Maret 2019, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
Aam Amaliyah.pdf

Download (261kB) | Preview

Abstract

Esensi pendidikan pada dasarnya adalah membangun manusia seutuhnya, yaitu manusia yang baik dan berkarakter. Pengertian baik dan berkarakter mengacu pada norma nilai-nilai luhur Pancasila. Seluruh butir Pancasila inilah yang menjadi basis pendidikan. Dalam hal ini, paradigma pendidikan yang dikembangkan dan diimplementasikan adalah memanusiakan manusia seutuhnya. Di sisi lain, guru adalah pelaksana proses pembelajaran yang seharusnya memiliki kualifikasi profesional, intelektual dan integritas yang tinggi, sehingga memiliki modal yang cukup pada dirinya berupa penerapan high-touch, untuk mengembangkan kemampuan dan potensi yang ada pada siswa. Bila dilihat pembelajaran yang dilaksanakan guru di sekolah, terkadang kering dari sentuhan psikologis, sehingga belajar bagi siswa menjadi saat yang menegangkan. Kesehatan mental siswa yang terjegal akan menimbulkan rasa terkungkung dan rasa tidak aman. Rasa tidak aman tersebut akan berlanjut menjadi masalah selama siswa menjalani pendidikan di sekolah. Masalah yang dialami siswa akan menghambat dirinya untuk mencapai tujuan pembelajaran, terutama dalam proses perubahan tingkahlaku.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Masalah belajar siswa, high-touch
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 18 Apr 2019 00:43
Last Modified: 18 Apr 2019 00:43
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2937

Actions (login required)

View Item View Item