Badriyah, Lailatul and Zubaidah, Zubaidah and Marhayati, Nelly (2019) EMPATI GURU DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR. In: International Seminar on Islamic Studies, 28 Maret 2019, IAIN Bengkulu.
|
Text
Lailatul Badriyah, Zubaidah, Nelly Marhayati-EMPATI GURU DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR.pdf Download (247kB) | Preview |
Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan empati guru yang dipandang sangat penting dalam proses belajar mengajar. Selain memiliki pengetahuan dan kemampuan komunikasi yang baik, seorang pendidik dalam hal ini guru harus memiliki kemampuan untuk berempati terhadap siswa. Guru menjadi model moral bagi siswa melalui perilaku dan perlakuan mereka terhadap orang lain. Permasalahannya adalah ketika guru tidak mampu membangun interaksi terhadap mahasiswa dikarenakan tidak menguasai bahan ajar, atau materi yang diajarkan. Hal ini mengakibatkan munculnya ketegangan internal antara empati dan tuntutan manajemen, sehingga yang dihasilkan berupa model kelompok bukan model empati, dimana waktu yang dihabiskan dalam proses belajar mengajar hanyalah sebatas untuk “menegakkan aturan” saja. Guru tidak mampu memahami kondisi siswa secara cukup kuat, sehingga siswa merasa terasingkan dan terabaikan. Terdapat beberapa upaya yang harus diperhatikan untuk memunculkan empati guru terhadap siswa antara lain: latar belakang guru, latar belakang pendidikan, keterbukaan wawasan guru, keterbukaan informasi bagi guru dan pelatihan atau kursus bagi guru.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Empati, Empati Guru, Belajar Mengajar |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Syahril Syahril M.Ag |
Date Deposited: | 18 Apr 2019 00:50 |
Last Modified: | 18 Apr 2019 00:50 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2963 |
Actions (login required)
View Item |