PENGARUH PENERAPAN METODE TANDUR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG

Habiburrahman, Sayyid and Yanti, Sri and Indrawari, Karliana (2019) PENGARUH PENERAPAN METODE TANDUR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. In: International Seminar on Islamic Studies, 28 Maret 2019, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
Sayyid, dkk-PENGARUH PENERAPAN METODE TANDUR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG.pdf

Download (274kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian adalah ntuk mengetahui hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang mengguunakan metode TANDUR di SMP Muhammadiyah 1 Palembang, untuk mengetahui hasil belajar siswa pada kelas kontrol yang tidak menggunakan metode TANDUR di SMP Muhammadiyah 1 Palembang, dan untuk mengetahui apakah penerapan metode TANDUR dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMP Muhammadiyah 1 Palembang. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif yang berbentuk eksperimen. Adapun desain penelitian dalam penelitian ini yaitu bentuk true experimental design dengan tipe Post-Test Only Control Design. populasi yang akan diselidiki dalam penelitian ini adalah seluruh siswa dan siswi Kelas VII di SMP Muhammadiyah 1 Palembang yang berjumlah 164 siswa yang terdiri dari kelas VII A, VII B, VII C, VII D, dan VII E. Sampe VII A dan VII B. instrument penelitian menggunakan pre test dan post test, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis validitas penelitian ini menggunakan teknik analisis point biserial. Tekhnik analisis menggunakan analisis reliabilitas, validitas dan analisis data tes berupa uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian yaitu hasil belajar siswa pada kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 75,64, dengan nilai yang tertinggi yaitu 90 dan nilai terendah 60. Hasil belajar siswa pada kelas kontrol berjumlah 34 siswa memperoleh nilai rata-rata 64,03. Hasil belajar meningkatkan siswa berdasarkan perbandingan nilai “t” pada soal post-test thitung adalah jauh lebih besar dari ttabel baik pada taraf signifikan 5%= 2,00 maupun pada taraf signifikan 1%= 2,65 atau 2,00 < 5,23 > 2,65.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Metode Tandur, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 18 Apr 2019 00:51
Last Modified: 18 Apr 2019 00:51
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2974

Actions (login required)

View Item View Item