PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS UPACARA TRADISIONAL TABOT

Sahrizal, Sahrizal (2019) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS UPACARA TRADISIONAL TABOT. In: International Seminar on Islamic Studies, 28 Maret 2019, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
Syahrizal-PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA.pdf

Download (165kB) | Preview

Abstract

Gagasan pengembangan model pembelajaran matematika berbasis budaya rakyat akan mendukung salah satu fungsi dan tujuan dari sistem pendidikan nasional seperti yang tertuang dalam pasal 3 UU Sisdiknas yang menyebutkan, “Pendidikan Nasional berfungsi untuk mengembangkan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, dengan tujuan dapat bekembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Tujuan pendidikan nasional itu merupakan rumusan mengenai kualitas manusia Indonesia yang harus dikembangkan oleh setiap satuan pendidikan. Oleh karena itu, rumusan tujuan pendidikan nasional menjadi dasar dalam pengembangan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa di sekolah, dengan berlandaskan pada Pancasila, UUD 1945 dan kebudayaan kebangsaan Indonesia. Komponen model pembelajaran matematika Berbasis Upacara Tradisional Tabot adalah (1) Sintaks pembelajaran meliputi: a. Tahap invitasi, b. Tahap eksplorasi, c. Tahap penjelasan dan solusi, d. Tahap pengambilan tindakan, (2) Sistem sosial, (3) Prinsip reaksi, (4) Sistem pendukung (5) Dampak instruksional dan pengiring.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Upacara Tadisional Tabot, Hasil Belajar Matematika, Karakter Keingintahuan dan Kemandirian.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Matematika
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 22 Apr 2019 08:41
Last Modified: 22 Apr 2019 08:41
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2986

Actions (login required)

View Item View Item