ANALISIS LETAK KANTOR PUSAT PT. BPRS MUAMALAT HARKAT BENGKULU BERDASARKAN PENGALOKASIAN BANK

Yupitasari, Yeni (2017) ANALISIS LETAK KANTOR PUSAT PT. BPRS MUAMALAT HARKAT BENGKULU BERDASARKAN PENGALOKASIAN BANK. Other thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
YENI YUPITASARI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Analisis Letak Kantor Pusat PT. BPRS Muamalat Harkat Bengkulu Berdasarkan Pengalokasian Bank Oleh Yeni Yupitasari, NIM 1316140483 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pertimbangan, efektivitas dan keefisienan dalam operasional kantor pusat PT. BPRS Muamalat Harkat Bengkulu yang terletak di Sukaraja. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara mendalam, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data primer berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Narasumber langsung pada 10 orang pihak bank. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan (vertifikasi). Kemudian data tersebut diuraikan, dianalisis dan dibahas untuk menjawab permasalahan yang diajukan. Latar belakang masalah penelitian ini dalam teori mengatakan kantor pusat adalah kantor induk bank yang pada umumnya berada di ibukota negara/propinsi, hal ini dipilih untuk mempermudah proses koordinasi dengan pihak bank sental terkait dengan kebijakan dan regulasi perbankan. Pertimbangan dalam penentuan lokasi kantor pusat yaitu: dekat dengan pemerintahan dan di ibukota negara/provinsi. Sedangkan pada praktiknya kantor pusat Bank Muamalat Harkat Bengkulu terletak di Kecamatan Sukaraja. Adapun rumusan masalahnya yaitu bagaimana pertimbangan dalam memilih lokasi kantor Pusat BPRS Muamalat Harkat Bengkulu di Kecamatan Sukaraja dan bagaimana efektivitas dan efisiensi dalam operasionalnya. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa pertimbangan memilih lokasi di Sukaraja yaitu modal awal di bawah 2 M, dekat dengan pabrik, dekat dengan perumahan dan persaingan sedikit. Efektivitas dan efesiensi dalam operasionalnya yaitu mudah mencapainya, mudah dalam melakukan transaksi, dan bank sudah meningkatkan taraf perekonomian masyarakat, serta target laba bank sudah tercapai. Hambatan di dalam melakukan pemasaran yaitu pengetahuan masyarakatnya kurang terhadap perbankan syariah akan tetapi seiring perkembangan zaman pengetahuan masyarakat tentang perbankan syariah semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Letak Kantor Pusat, Pengalokasian Bank
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 30 Apr 2019 08:10
Last Modified: 30 Apr 2019 08:10
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3029

Actions (login required)

View Item View Item