PENGUATAN KEPRIBADIAN ANAK MELALUI PROGRAM TEPAK (TEMU PENGUATAN KAPASITAS ANAK DAN KELUARGA) DI PANTI ASUHAN BINTANG TERAMPIL KOTA BENGKULU

Destriana, Ani (2018) PENGUATAN KEPRIBADIAN ANAK MELALUI PROGRAM TEPAK (TEMU PENGUATAN KAPASITAS ANAK DAN KELUARGA) DI PANTI ASUHAN BINTANG TERAMPIL KOTA BENGKULU. Other thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
ANI pdf.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Ada dua persoalan yang dikaji dalam skripsi ini, 1) Bagaimana penguatan kepribadian anak melalui program TEPAK di Panti Asuhan Bintang Terampil Kota Bengkulu. 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penguatan kepribadian anak melalui program TEPAK di Panti Asuhan Bintang Terampil Kota Bengkulu. Penelitian ini bertujuan pertama untuk mengetahui penguatan kepribadian anak melalui program TEPAK di Panti Asuhan Bintang Terampil Kota Bengkulu, kedua untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penguatan kepribadian anak melalui program TEPAK di Panti Asuhan Bintang Terampil Kota Bengkulu Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Penentuan Informan menggunakan teknik Purposive Sampling. Informan dalam penelitian ini adalah pengasuh yang mendidik, membimbing, mengasuh dan menetap di panti asuhan yang berjumlah 4 orang dan juga anak asuh yang tinggal di panti yang berjumlah 8 orang sehingga jumlah informan dalam penelitian ini berjumlah 12 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penguatan kepribadian anak melalui program TEPAK melalui aspek; a) penguatan pengetahuan dilakukan melalui pemberian informasi-informasi tentang berbagai hal yang berhubungan dan yang dibutuhkan untuk perkembangan anak, seperti kemandirian, kepercayaan diri. b) Penguatan empati dilakukan dengan cara memberikan motivasi dan menanamkan sikap empati, simpati, kepedulian terhadap sesama, dan rasa kebersamaan. c) Penguatan sikap dilakukan melalui pemberian motivasi dan bimbingan seperti etika dan akhlak, kedisiplinan, tanggungjawab, toleransi untuk anak-anak asuh dan reward dan punishment. d) Penguatan perilaku hubungan sosial dilakukan melalui pemberian motivasi dan bimbingan seperti, cara berhubungan yang baik, sikap ramah terhadap orang lain. 2) Faktor pendukung dan penghambat dalam penguatan kepribadian anak melalui program TEPAK adalah faktor pendukungnya adanya tunjangan dari pemerintah, kerjasama antara pihak panti dengan lembaga-lembaga yang menjadi narasumber. Sedangkan faktor penghambatnya adalah ruang untuk kegiatan TEPAK yang kurang memadai, anak-anak yang di tempatkan dalam satu ruangan tanpa membedakan usia anak.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Penguatan, Kepribadian, Anak Asuh
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: M.Pd.I irfan ahmad
Date Deposited: 06 May 2019 01:42
Last Modified: 29 Jun 2020 07:33
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3112

Actions (login required)

View Item View Item