EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI SMA NEGERI 6 BENGKULU SELATAN

Lorensa, Henny Sisliana (2017) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI SMA NEGERI 6 BENGKULU SELATAN. Other thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
FULL SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah Bagaimana Efektivitas Konseling Kelompok Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di SMA Negeri 6 Bengkulu? Tujuan penelitian yang digunakan adalah untuk mendeskripsikan efektivitas konseling kelompok dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMAN 6 Bengkulu Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi partisipan, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan model Milles dan Huberman. Penentuan informan penelitian menggunakan Purpossive sampling. Ada 10 orang informan terdiri dari 2 orang guru BK dan 8 orang siswa bermasalah. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa konseling kelompok dalam aspek berpakaian Sudah dikatakan efektif, karena sudah memenuhi kreatria ke efektifan seperti, sudah mencapai kejelasan tujuan program, kejelasan startegi pencapaian tujuan program, perumusan kebijakan program yang mantap, penyusunan program yang tepat, penyediaan sarana dan prasarana, efektivitas operasional program, efektivitas fungsional program, efektivitas tujuan program, efektivitas sasaran program, efektivitas individu dalam pelaksanaan kebijakan program, dan efektivitas unit kerja dalam pelaksanaan kebijakan program. Aspek kedisiplinan berpakaian, sudah menjalankan tata tertib sesuai aturan sekolah, misalnya: berpakaian harus menurut atauran sekolah rapi dan bersih, baju dimasukkan, pinggang celana atau rok tepat pada posisinya (di pinggang) dan sepatu hitam, kaus kaki 10 cm di atas mata kaki. Sedangkan aspek kedisiplinan belajar dikatakan efektif apa indikatornya: Tepat waktu dalam belajar, tidak meninggalkan kelas atau bolos saat pelajaran, tidak menyuruh orang lain mengerjakan PR, patuh dan tidak menentang peraturan yang berlaku. menyelesaikan tugas sesuai dengan yang ditetapkan, tidak suka berbohong, tidak mengganggu orang lain sedang belajar, berpakaian sesuai dengan aturan sekolah, tidak malas belajar siswa menghafal kembali pelajaran yang telah diberikan, siswa menyimak dan memperhatikan pelajaran saat kegiatan belajar di kelas, dan menggunakan fasilitas belajar dengan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Konseling Kelompok, Kedisiplinan Siswa.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: M.Pd.I irfan ahmad
Date Deposited: 07 May 2019 01:40
Last Modified: 21 Feb 2020 06:48
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3121

Actions (login required)

View Item View Item