PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU AGAMA ISLAM TERHADAP PENINGKATAN EFEKTIVITAS BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS V DI SD IT IQRO 1 KOTA BENGKULU

Aslamia, Shoibatul (2018) PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU AGAMA ISLAM TERHADAP PENINGKATAN EFEKTIVITAS BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS V DI SD IT IQRO 1 KOTA BENGKULU. Other thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SHOIBATUL ASLAMIA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh realitanya masih ada siswa yang tidak memperhatikan materi pembelajaran, masih ditemukan siswa yang ribut di kelas, bahkan ketika guru untuk memerintahkan untuk kerja kelompok masih ada Siswa yang malas mengikuti pelajaran. Disinilah diperlukan komunikasi interpersonal seorang guru untuk mendidik siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Ada Pengaruh Komunikasi Interpersonal Guru Terhadap Efektivitas Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V di SD IT IQRO 1 Kota Bengkulu? berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Komunikasi Interpersonal Guru Terhadap Efektivitas Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas V di SD IT IQRO 1 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang diteliti sebanyak 40 siswa di SD IT IQRO Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisa dengan menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari uji validitas, uji reliabiltas, uji hipotesis, dan uji linieritas, setelah itu data diolah menggunakan uji-t dan uji koefisien determinasi. Terbukti hasil penelitian ini mengungkapkan adanya pengaruh signifikan komunikasi interpersonal guru terhadap efektifitas belajar Siswa kelas V pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD IT IQRO Kota Bengkulu. Hal ini terdapat hasil analisis statistic pada α = 5% atau Confidence Interval sebesar 95%, dengan persamaan regresi linear sederhana( Y) ̂ =24,29+0,26 X yang artinya setiap kenaikan satu variabel X maka nilai variabel Y akan naik sebesar 0,26 tindakan, dimana pengaruh komunikasi interpersonal mempengaruhi efektivitas belajar PAI siswa sebesar 12,32% dilihat dari perhitungan koefisien deteminasi, sedangkan 87,68% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Komunukasi Interpersonal Dan Efektivitas
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M.Pd.I irfan ahmad
Date Deposited: 07 May 2019 02:33
Last Modified: 16 Jun 2020 06:50
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3136

Actions (login required)

View Item View Item