PERAN PEMBINA DALAM PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK PANTI DAN IMPLIKASI TERHADAP BIMBINGAN KONSELING DI PANTI ASUHAN BUMI NUSANTARA KECAMATAN RATU AGUNG KOTA BENGKULU

Marsaputri, - (2018) PERAN PEMBINA DALAM PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK PANTI DAN IMPLIKASI TERHADAP BIMBINGAN KONSELING DI PANTI ASUHAN BUMI NUSANTARA KECAMATAN RATU AGUNG KOTA BENGKULU. Other thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
marsaputri.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Marsaputri, NIP: 1316321185. Peran Pembina Dalam Pengembangan Kecerdasan Emosional Anak Panti dan Implikasi Terhadap Bimbingan Konseling di Panti Asuhan Bumi Nusantara Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya anak panti yang tidak memiliki kesadaran terhadap tanggung jawab, tidak mematuhi tatatertib dan sering berkelahi, maka diperlukan upaya dari pembina panti untuk mengembangkan kecerdasan emosional anak, sehingga hal tersebut dapat ditanggulangi. Selanjutnya ada dua permasalahan yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu: (1) Bagaimana peran pembina dalam pengembangan kecerdasan emosional anak Panti Asuhan Bumi Nusantara Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu ? (2) Bagaimana implikasi terhadap bimbingan konseling di Panti Asuhan Bumi Nusantara Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu ? Adapun Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran pembina dalam pengembangan kecerdasan emosional anak panti dan implikasinya terhadap bimbingan dan konseling Panti Asuhan Bumi Nusantara Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu. Penulisan ini menggunakan metode penelitian kualitatif jenis fenomenologis dengan lokasi penelitian di Panti Asuhan Bumi Nusantara Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu selama satu bulan dan menggunakan teknik Purvosive Sampling. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer didapatkan dengan menggunakan observasi dan wawancara sedangkan data sekunder didapat melalui perantara berupa catatan, laporan perilaku, dan seluruh dokumen yang terkait dengan tema penelitian. Informan dalam penelitian ini adalah 4 orang informan inti (pembina panti), 6 orang anak panti. Jumlah keseluruhan informan adalah 10 orang. Adapun hasil dari penelitian ini adalah 1) Peran Pembina Dalam Pengembangan Kecerdasan Emosional Anak Panti Asuhan Bumi Nusantara Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu ada tiga metode yaitu: pertama, pengembangan kesadaran diri anak panti. Kedua, mengolah emosi anak. Ketiga, membina hubungan dengan orang lain. 2) Implikasi terhadap bimbingan dan konseling yang diterapkan di Panti Asuhan Bumi Nusantara Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu yaitu: pertama, Penerapan layanan informasi. Kedua, Penerapan layanan konseling individu atau perorangan. Ketiga, Penerapan layanan bimbingan kelompok. Keempat, layanan konseling kelompok.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Peran Pembina, Kecerdasan Emosional dan Implikasi Bimbingan Konseling
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: M.Pd.I irfan ahmad
Date Deposited: 07 May 2019 07:05
Last Modified: 29 Jun 2020 07:39
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3153

Actions (login required)

View Item View Item