PENGGUNAAN METODE INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 KOTA BENGKULU

sentia, Reka (2018) PENGGUNAAN METODE INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 KOTA BENGKULU. Other thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
reka sentia.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh kenyataan bahwa hasil pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas X SMA Muhammadiyah I Kota Bengkulu masih rendah. Hal ini di dasari dengan adanya kenyataan bahwa perilaku keagamaan anak belum disiplin sholat, belum punya sopan santun. Atas dasar ini maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah“bagaimana penggunaan metode index card match dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Kota Bengkulu.?”. Tujuan penelitian ini: “Untuk mengetahui bagaimana penggunaan metode index card match dalam meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islampadakelas X di SMA Muhammadiyah 1 kotabengkulu”. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yakni penelitian yang dilakukan dalam kelas dengan pengamatan dan melakukan berbagai tindakan melalui beberapa siklus Responden penelitian ini adalah kelas X SMA Muhammadiyah 1 Kota Bengkulu dengan jumlah 22 orang. Data yang diambil dari hasil belajar siswa siklus I, siklus II dan siklus III. Berdasarkan tindakan yang dilakukan terterah ada peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa hal ini dapat diamati melalui nilai skor aktivitas guru dan siswa, yakni aktivitas guru siklus I mendapat skor 3,1, meningkat pada siklus II mendapat skor 4,6, dan pada siklus III mendapat skor 5. Aktivitas rata-rata skor aktivitas siswa siklus I mendapatkan skor 3,3, meningkat pada siklus II mendapat skor 4,2, dan pada siklus III mendapat skor 5. Rata-rata siswa pada siklus I mendapat skor 58,18 secara klasikal 22,71%, meningkat pada siklus II mendapat skor 70 secara klasikal 45,45%, meningkat lagi pada siklus III mendapat skor 80,22 secara klasikal 100%. Telah dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode index card match terbukti telah meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam khususnya pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode Index Card Match Dan Hasil Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M.Pd.I irfan ahmad
Date Deposited: 08 May 2019 02:12
Last Modified: 29 Jun 2020 07:33
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3163

Actions (login required)

View Item View Item