PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VIII SMP NEGERI 31 SELUMA

Supadi, Yogial (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VIII SMP NEGERI 31 SELUMA. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
skripsi yogial.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Data nilai mata pelajaran pendidikan agama Islam di kelas VIII SMP Negeri 31 Seluma masih cukup rendah yaitu di angka 60 nilai ini masih di bawah KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 75. ini dikarenakan siswa jarang mendapatkan variasi dalam proses belajar mengajar, yang dapat meningkatkan semangat belajar mereka. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaranTalking Stick dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII SMP Negeri 31 Seluma. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (classroom action research).Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar observasi dan lembar tes. Hasil penelitian adalahhasil belajar PAI dapat meningkat dengan model pembelajaranTalking Stick pada siswa di kelas VIII SMPN 31 Seluma. Hal ini dapat dibuktikan bahwa proses belajar mengajar dalam pembelajaran PAI dengan model pembelajaransudah mengalami peningkatan. Prestasi belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran, pada mata pelajaran PAI siswa di kelas VIII SMPN 31 Seluma sudah meningkat hal ini dapat dinilai dari nilai tes sebelum dilakukan tindakan (pretes) 15 orang siswa yang mendapat nilai < 65 dan 9 orang yang mendapat nilai > 65 dan nilai tes siswa setelah dilakukan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran, nilai postes siklus I, 10 orang siswa yang mendapat nilai > 65, ada 6 orang yang memiliki nilai 65 dan 8 siswa yang mendapat nilai < 65. Sedangkan nilai postes siklus II, 20 orang siswa yang mendapat nilai > 65 dan 4 orang yang mendapat nilai < 65.Dengan melalui model pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajar siswa terlihat dari prasiklus, siklus I, siklus II secara berturut-turut yaitu 38%, 67%, 83%. Hal ini menandakan bahwa tindakan yang telah dilakukan sudah sesuai dengan perencanaan yang telah disusun sebelumnya dan telah mencapai proses dan hasil belajar yang diharapkan

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Talking Stick, Hasil Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 09 May 2019 04:06
Last Modified: 09 May 2019 04:06
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3169

Actions (login required)

View Item View Item