PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN TERHADAP PRESTASI BELAJAR AL QUR’AN HADITS KELAS X MA AL-MUHAJIRIN TUGUMULYO KABUPATEN MUSI RAWAS

Wahyudin, Agus (2019) PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN TERHADAP PRESTASI BELAJAR AL QUR’AN HADITS KELAS X MA AL-MUHAJIRIN TUGUMULYO KABUPATEN MUSI RAWAS. Masters thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
AGUS WAHYUDIN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

“Pengaruh Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Alquran Hadis Kelas X Ma Al Muhajirin Tugumulyo TA. 2017 – 2018” Permasalahan dalam penelitian ini adalah MA Al Muhajirin Tugumulyo merupakan lembaga pendidikan berstatus swasta yang prestasinya dapat dilihat dari data statistik kelulusan dan kenaikan kelas siswa mengalami peningkatan. Tidak hanya pada mata pelajaran umum, mata pelajaran PAI juga mengalami hal serupa. Tetapi Prestasi belajar Alquran Hadīs khususnya, siswa masih rendah tidak memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran yaitu 75/76. Indikator lain rendahnya motivasi belajar dan rendahnya disiplin belajar siswa tersebut dapat dilihat dari perilaku mereka di sekolah, seperti keengganan mengikuti pembelajaran dengan maksimal seperti terlambat masuk ke kelas, mengantuk, tidak mengerjakan pekerjaan rumah (PR) tepat waktu, tidak terlibat aktif ketika diskusi kelas/ kelompok, tingginya siswa yang tidak hadir atau tidak masuk mengikuti pelajaran khususnya pada hari Senin, membuat keributan di kelas jika guru tidak hadir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode asosiatif. Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research). Data-data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, kuisioner dan dokumentasi dengan menggunakan regresi berganda dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Hasil uji t di atas dapat dijelaskan bahwa variabel Motivasi terhadap Hasil belajar pada MA. Al Muhajirin Desa F Trikoyo Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas menunjukkan nilai thitung = 3,471 lebih besar dari ttabel = 1,683 dengan dk = 40 dan tingkat signifikan sig = 0,004, hal ini berarti bahwa secara parsial variabel Motivasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Hasil belajar pada pada MA. Al Muhajirin Desa F Trikoyo Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas. Hal ini membuktikan hipotesis pada penelitian terbukti dan hipotesis diterima. 2) Hasil uji t di dijelaskan bahwa variabel Disiplin belajar terhadap Hasil belajar pada MA. Al Muhajirin Desa F Trikoyo Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas menunjukkan nilai thitung = 3,782 lebih besar dari ttabel = 1,683 dengan dk = 40 dan tingkat signifikan sig = 0,001, hal ini berarti bahwa secara parsial variabel Disiplin belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Hasil belajar pada MA. Al Muhajirin Desa F Trikoyo Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas. Hal ini membuktikan hipotesis pada penelitian terbukti dan hipotesis diterima. 3) Nilai Fhitung > Ftabel ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya variabel Motivasi ( X1 ) dan variabel Disiplin belajar (X2) berpengaruh signifikan terhadap Hasil belajar ( Y ) pada MA. Al Muhajirin Desa F Trikoyo Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas. Kata Kunci: motivasi, disiplin, prestasi belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: motivasi, disiplin, prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 28 May 2019 02:48
Last Modified: 28 May 2019 02:48
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3217

Actions (login required)

View Item View Item