STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIKULTURAL DI SMP NEGERI 6 KOTA LUBUKLINGGAU

Ratnia, R (2019) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIKULTURAL DI SMP NEGERI 6 KOTA LUBUKLINGGAU. Masters thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
RATNIANA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul strategi guru PAI dalam menerapkan pembelajaran berbasis multicultural di SMPN 6 Lubuk Linggau. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengang informan kunci adalah guru PAI SMPN 6 Lubuk Linggau dan kepala sekolah sebagai informan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah , observasi, wawacara dan dokumentasi selanjutnya dianalisis melalui reduksi, penyajian data dan penarikan simpulan. Temuan penelitian ini adalah: Pertama, alasan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis multicultural diterapkan oleh guru PAI di SMP Negeri 6 Lubuk Linggau, antara lain: siswa di sekolah tersebut memiliki latar belakang suku, ras dan agama yang beragam; guru agama lain tidak ada di sekolah tersebut tidak ada kecuali guru PAI; sebagian siswa non muslim memiliki keinginan untuk mengikuti pembejaran PAI terutama pada materi muamalah (hubungan sosial). Kedua, Tujuan menerapkan pembelajaran berbasis multicultural karena ketiadaan guru agama non muslim yang berdampak pada ketidakikutsertaan siswa-siswa belajar disaat pembelajaran PAI berlangsung. Ketiga: Strategi guru PAI dalam pembelajaran PAI adalah dimulai dari penentuan materi pembelajaran PAI yang tepat melibatkan siswa muslim seperti materi muamalah (hubungan sosial) dengan cara memilih metode yang tepat seperti ceramah, diskusi dan Tanya jawab sehingg tidak terjadi perdebatan yang berdampak pada perselisihan antar siswa muslim dan non muslim. Kemudian juga penggunaan madia yang tepat dan efisien sehingga dengan media audio visual yang dipergunakan oleh guru dapat mengakomodir waktu yang singkat yaitu tiga jam pelajaran selama satu minggu. Kata Kunci: Strategi, Guru Pendidikan Agama Islam, Pembelajaran Berbasis Multikultural

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Guru Pendidikan Agama Islam, Pembelajaran Berbasis Multikultural
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 28 May 2019 03:55
Last Modified: 28 May 2019 03:55
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3223

Actions (login required)

View Item View Item