Effendy, Sofiyan (2019) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA KELAS X BAHASA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI REJANG LEBONG. Masters thesis, IAIN Bengkulu.
|
Text
SYOFIAN EFFENDY.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Kurikulum 2013 yang diberlakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sudah diterapkan di Madrasah Aliyah Negeri Rejang Lebong. Kurikulum 2013 akan jauh lebih baik apabila penerapan standar proses diperbaiki dan ditingkatkan. Di MAN ini sudah menerapkan standar proses (pembelajaran) pada mata pelajaran Aqidah Akhlak, dalam membentukan karakter siswa tentu guru aqidah akhlak mempunyai banyak tantangan dan hambatan dalam mengimplemtasikan kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan. Dari pengamatan awal terungkap penerapannya masih perlu disempurnakan. Untuk mendalaminya, peneliti tertarik mengangkat melalui penelitian tentang bagaimana Implementasi Kurikulum 2013 mata pelajaran aqidah akhlak pada kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan dalam membentuk karakter siswa kelas X bahasa di MAN Rejang Lebong serta mengetahui hambatan apa saja yang dihadapi dalam pengeimplementasiannya? Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk Mengetahui Implementasi Kurikulum 2013 mata pelajaran aqidah akhlak pada kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan dalam membentuk karakter siswa kelas X bahasa di MAN Rejang Lebong serta mengetahui hambatan apa saja yang dihadapi dalam pengeimplementasiannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Guru mata pelajaran Aqidah Akhlak, kepala sekolah dan Wakil Kepala sekolah bidang kurikulum menjadi informan pada penelitian ini, data dikumpulkan dari obyek penelitian melalui, observasi, wawancara terstruktur dan studi dokumantasi, dan dianalisis dengan mengumpulkan data, data tersebut direduksi dan disajikan secara deskriptif analitik, dan terakhir diambil kesimpulan. Kesimpulan penelitian: 1) implementasi kurikulum 2013 di MAN Rejang Lebong sudah terlaksana sesuai dengan standar proses (pembelajaran) dalam menyampaikan kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan, karakter siswa dari waktu kewaktu mulai memeperlihatkan adanya peningkatan, 2) hambatan dalam mengimplementasikan pendidikan karakter dalam K-13 Mapael Aqidah akhlak antara lain: sosialisasi pendidikan karakter kepada siswa belum ada kesinambungan, terbatasnya kesempatan untuk mengaktualisasikan nilai-nilai karakter karena jam pelajaran yang sedikit, pembiasaan kepada anak yang masih lemah dan perlu terus adanya pengawasan, masih ada siswa acuh tak acuh dengan pendidikan karakter, kondisi masyarakat yang permisif sehingga anak-anak berani dengan orang tua sudah dianggap hal yang biasa. Kata Kunci : Kurikulum 2013, Aqidah Akhlak, Karakter Siswa
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum 2013, Aqidah Akhlak, Karakter Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Syahril Syahril M.Ag |
Date Deposited: | 28 May 2019 04:02 |
Last Modified: | 28 May 2019 04:02 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3224 |
Actions (login required)
View Item |