PENGGABUNGAN METODE SOSIODRAMA DAN MEDIA AUDIO VISUAL (FILM PENDEK) DALAM MENUMBUHKAN SIKAP BERAGAMA SISWA DI SMA NEGERI 5 REJANG LEBONG

Suherna, Widiya (2019) PENGGABUNGAN METODE SOSIODRAMA DAN MEDIA AUDIO VISUAL (FILM PENDEK) DALAM MENUMBUHKAN SIKAP BERAGAMA SISWA DI SMA NEGERI 5 REJANG LEBONG. Masters thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
WIDIYA SUHERNA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pada kenyataan bahwa guru Pendidikan Agama Islam memegang peran penting dalam membina siswa agar memiliki sikap beragama. Ada beberapa metode yang dapat digunakan dalam menumbuhkan sikap beragama siswa, salah satunya dengan metode sosiodrama. Selain itu, penggunaan media audio visual (film pendek) merupakan media yang paling tepat untuk menumbuhkan sikap beragama siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan tentang: 1) Materi PAI yang dapat dijelaskan dengan menggunakan penggabungan metode pembelajaan sosiodrama dan media Audio Visual (film pendek). 2) Proses pelakasaan penggabungan sosiodrama dan media Audio Visual (film pendek) dalam menumbuhkan sikap beragama siswa. 3) Faktor pendukung dan penghambat penerapan penggabungan metode sosiodrama dan media Audio Visual (film pendek). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan triangulasi sebagai teknik untuk mengecek keabsahan data. Dimana dalam pengertiannya triangulasi adalah teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain dalam membandingkan hasil wawancara terhadap objek penelitian. Analisis data menggunakan metode diskriptif analisis non statistik yang meliputi cara berfikir induktif yaitu peneliti berangkat dari pengetahuan yang bersifat khusus untuk menilai suatu kejadian umum Hasil penelitian tentang penggabungan metode sosiodrama dan media audio visual (film pendek) adalah: 1) Materi PAI yang sesuai adalah materi yang bersifat aplikatif atau berhubungan langsung dengan kehidupan sosial siswa sehari-hari. Dalam hal ini, meteri PAI SMA kelas XI yang cocok menggunakan penggabungan metode sosiodrama dan media audio visual (film pendek) adalah materi Hidup nyaman dengan prilaku jujur dan Kepedulian umat Islam terhadap Jenazah. 2) Peroses penggabungan metode sosiodrama dan media audio visual (film pendek) melalui beberapa tahapan, yaitu; pemilihan materi, mempersiapkan film pendek dan skenario sosiodrama, pemutaran film di dalam kelas, penarikan kesimpulan, pemantapan materi dengan metode sosiodrama, penarikan kesimpulan dan evaluasi. 3) Faktor pendukung pelaksanaan penggabungan metode sosiodrama dan media audio visual (film pendek) adalah semangat, tekat, pandangan, pemahaman dan pengalaman mengajar guru PAI. Faktor penghambat pelaksanaannya adalah: alokasi waktu, siswa yang pemalu, tidak semua materi dapat menggunakan metode sosiodrama dan jika sosiodrama berjalan tidak sesuai harapan maka tujuan pembelajaran tidak tercapai. Kata kunci: Metode Sosiodrama,Media Audio Visual (Film Pendek) dan Sikap Beragama Siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Metode Sosiodrama,Media Audio Visual (Film Pendek) dan Sikap Beragama Siswa
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 28 May 2019 04:16
Last Modified: 28 May 2019 04:16
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3225

Actions (login required)

View Item View Item