PEMANFAATAN MEDIA KALENDER DALAM MENUMBUH KEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA, MENULIS DAN BERHITUNG (CALISTUNG) PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI KHALIFAH TASYKURI

Handayani, Yulita (2018) PEMANFAATAN MEDIA KALENDER DALAM MENUMBUH KEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA, MENULIS DAN BERHITUNG (CALISTUNG) PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI KHALIFAH TASYKURI. Masters thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
YULITA HANDAYANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena masih rendahnya kemampuan membaca, menulis, dan berhitung anak pada kelompok B. Hal tersebut dapat dilihat berdasarkan hasil observasi awal peneliti bahwa saat kegiatan pembelajaran guru tidak menggunakan media pembelajaran sehingga anak terlihat belum aktif mengikuti pembelajaran seperti membaca, menulis, dan berhitung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media kalender dalam menumbuh kembangkan kemampuan membaca, menulis, dan berhitung (CALISTUNG)pada Pendidikan Anak Usia Dini Khalifah Tasykuri Desa Padang Panjang Kec. Semidang Gumay Kab. Kaur.Jenis penelitian penulis ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus yang masing-masing terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil analisis data tersebut menunjukkan bahwa:1. pemanfaatan media kalender dapat menumbuh kembangkan kemampuan membaca, menulis dan berhitung (CALISTUNG) pada Pendidikan Anak Usia Dini Khalifah Tasykuri.:a)pada Pra Siklus nilai rata-rata skor yaitu 66.57 dengan ketuntasan pembelajaran klasikal sebesar 14,29% dengan kriterian sangat rendah. b) Pada Siklus I pertemuan 1 meningkat menjadi nilai rata-rata skor sebesar 71,43 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 28,57% dengan kriteria rendah. c) Pada Siklus 1 pertemuan 2, meningkat dengan nilai rata-rata skor yaitu 81.14 dengan ketuntasan klasikal sebesar 42,86 %, dengan kriteria rendah. d) Pada Siklus II pertemuan 1 lebih meningkat dengan nilai rata-rata skor yaitu 86,29 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 85.71% dengan kriteria sangat tinggi. e) Pada Siklus II pertemuan 2 lebih meningkat lagi dengan nilai rata-rata skor yaitu 87,5, dengan ketuntasan klasikal sebesar 92,85 % dengan kriteria sangat tinggi. Hasil perbandingan pemanfaatan media kalender dalam menumbuh kembangkan kemampuan membaca, menulis, dan berhitung antara siklus I dan siklus II mengalami peningkatan yang signifikan dan sudah mencapai target ketuntasan belajar sebesar 80 %. Kata kunci : Pemanfaatan Media Kalender,Kemampuan Membaca, Menulis Dan Berhitung (CALISTUNG)

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Media Kalender,Kemampuan Membaca, Menulis Dan Berhitung (CALISTUNG)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: PASCASARJANA > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 28 May 2019 04:23
Last Modified: 28 May 2019 04:23
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3226

Actions (login required)

View Item View Item