IMPLEMENTASI PENDIDIKAN THAHARAH PADA SANTRI PONDOK PESANTREN PANCASILA KOTA BENGKULU

Kudori, Muhamad (2015) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN THAHARAH PADA SANTRI PONDOK PESANTREN PANCASILA KOTA BENGKULU. Masters thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
Muhamad Kudori.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Sering muncul kritik tajam misalnya, masjid atau mushollanya bagus, tetapi sayang tempat-tempat wudhu tidak dipelihara secara baik, hingga tampak kotor. Demikian pula lembaga pendidikan dan juga bahkan rumah sakit, sekalipun menggunakan indentitas Islam, tetapi tampak kurang terawat kebersihannya. Dan masih banyak lagi kasus lainnya. Keadaan seperti itu kemudian orang mengatakan bahwa umat ini sebatas menjaga kebersihan saja belum berhasil Pekerjaan merawat kebersihan di lingkungan Pondok Pesantren Pancasila Bengkulu memang sepele, atau remeh. Tetapi ternyata sangat sulit dilakukan. Kebersihan tidak saja sebatas terkait dengan dana, melainkan juga menyangkut kebiasaan, nilai, dan juga budaya, bahkan juga kepribadian. Oleh karena itu, persoalan ini tidak boleh lagi dipandang sederhana, karena dalam ajaran Islam sendiri, kebersihan merupakan bagian dari keimanan. Penelitian ini berupaya untuk mengkaji secara mendalam tentang implementasi nilai-nilai pendidikan Thaharah di Pondok Pesantren Pancasila Kota Bengkulu. Kajian mendalam perlu dilakukan agar substansi dari penelitian ini dapat diketahui. Dengan realita fokus seperti ini, maka jenis yang paling tepat digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif Kuantitatif. Suharsimi Arikunto beranggapan bahwa penelitian deskriptif berusaha meneliti, menggambarkan dan menginterpretasikan fenomena yang sedang terjadi di lapangan. Berdasarkan uraian data dalam hipotesis pada tesis ini, maka dapat diketahui bahwa, masalah penelitian tentang bagaimana implementasi nilai-nilai thaharahantarasantri perempuandansantri laki-laki ternyata ada perbedaan yaitu nilai rata-rata implementasi nilai-nilai thaharah pada santri perempuan adalah 163,2 sedangkan implementasi nilai-nilai thaharah santri laki-laki adalah 141,8. Dengan demikian terdapat perbedaan nilai-nilai thaharah antara santri laki-laki dan santri perempuan. Adapun perbedaan atau besarnya perbandingan/perolehan t hasil perhitungan adalah sebesar 4,91. Hal ini dapat diartikan bahwa implementasi nilai-nilaithaharahsantri perempuan lebih baik dari santri laki-laki.Kata Kunci:Kebersihan,Nilai-nilai Thaharah

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kebersihan,Nilai-nilai Thaharah
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 29 May 2019 04:32
Last Modified: 29 May 2019 04:32
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3231

Actions (login required)

View Item View Item