Arjoyo, Apsan (2015) IMPLEMENTASI MODEL E-LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMA N 6 BENGKULU SELATAN. Masters thesis, IAIN Bengkulu.
|
Text
TESIS APSAN ASJOYO PDF.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang implementasi E-Learning pada mata pelajaran PAI dai SMA N 6 Bengkulu Selatan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya tuntutan menciptakan metode pembelajaran yang lebih fleksibel dan mengikuti perkembangan zaman. Desain pembelajaran melalui e-learning seharusnya sudah bisa diterapkan untuk membantu aktifitas pembelajaran PAI di kelas belum bisa dilaksanakan secara keseluruhan. Rumusan masalah penelitian ini ingin mengupas terkait implementasi, kendala dan faktor pendukung dalam implementasi E-Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi e-learning dalam pelajaran PAI di SMA N 6 Begkulu Selatan serta mengidentifikasi faktor prndukung dan kendala dalam implementasi. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan. Dan dari makna itulah ditarik kesimpulan untuk menyusun hasil karya terkait dengan implementasi e-learning PAI di SMA N 6 Bengkulu Selatan. Sedangkan untuk menguji keabsahan data digunakan metode triangulasi. Setelah data terkumpul teknik yang digunakan dalam menganalisis data yang terkumpul dalam penelitian ini adalah deskriptifanalitik, yaitu mendeskripsikan semua hal yang fokus dalam peneltian ini, yakni delapan keterampilan dasar mengajar. Hasil penelitian menunjukan: (1) implementasi E-learning di SMA N 6 Manna Bengkulu Selatan menggunakan fasilitas Facebook. Pelaksanaan pembelajaran melalui e-learning yaitu dengan menggunakan fitur-fitur yang ada di dalam facebook seperti Facebook Note, grup dan lainya. (3) Ada beberapa kendala yang dihadapi oleh guru dalam proses implementasi e-learning PAI diantaranya kurangnya ketrampilan guru dalam mengoperasikan e-learning, koneksi internet di luar lingkungan sekolah, kebutuhan PAI terhadap e- learning, persepsi guru PAI terhadap e-learning, dan kurangnya motivasi guru PAI untuk menggunakan e-learning. Sedangkan kendala dari siswa meliputi kurangnya dorongan dari guru untuk menggunakan e-learning serta koneksi internet di luar lingkungan sekolah. Adapun faktor pendukung implementasi e-learning di SMA N 6 Bengkulu Selatan adalah telah terpenuhinya a. Infrastruktur e-learning: Infrastruktur e-learning dapat berupa personal computer (PC), jaringan komputer, internet dan perlengkapan multimedia. b. Sistem dan Aplikasi e-learning: Sistem perangkat lunak yang mem-virtualisasi proses belajar mengajar konvensional. c. Konten e-learning: Konten dan bahan ajar yang ada pada e-learning system (Learning Management System). kata kunci :e-learning, Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-learning, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Syahril Syahril M.Ag |
Date Deposited: | 29 May 2019 04:51 |
Last Modified: | 29 May 2019 04:51 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3234 |
Actions (login required)
View Item |