PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DAN KINERJA GURU RUMPUN PAI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MAN 1 MODEL LUBUKLINGGAU

Kusuma, Dewi (2019) PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DAN KINERJA GURU RUMPUN PAI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MAN 1 MODEL LUBUKLINGGAU. Masters thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
DEWI KUSUMA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Rumusan penelitian adalah: 1) Apakah kompetensi professional guru berpengaruh terhadap hasil belajar Siswa Kelas X MAN 1 Model Lubuklinggau Tahun Ajaran 2018/2019 pada Mata Pelajaran Rumpun PAI?, 2) Apakah kinerja guru berpengaruh terhadap hasil belajar Siswa Kelas X MAN 1 Model Lubuklinggau Tahun Ajaran 2018/2019 pada Mata Pelajaran Rumpun PAI? Dan 3) Apakah kompetensi professional dan kinerja guru secara bersamaan berpengaruh terhadap hasil belajar Siswa Kelas X MAN 1 Model Lubuklinggau Tahun Ajaran 2018/2019 pada Mata Pelajaran Rumpun PAI? Jenis penelitian adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik angket (kuesioner) dan dokumentasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa 1) Terdapat pengaruh variabel kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar siswa kelas X MAN 1 Model Lubuklinggau dalam belajar rumpun PAI. Kesimpulan ini dibuktikan dengan hasil uji t dengan nilai sig α yang dihasilkan sebesar 0,044, lebih kecil daripada α = 0,05 dan indikator yang paling besar berpengaruh terhadap variabel adalah indikator nomor 1 yaitu penguasaan bahan ajar, 2) Terdapat pengaruh variabel kinerja guru terhadap hasil belajar siswa kelas X MAN 1 Model Lubuklinggau dalam belajar rumpun PAI dapat diterima. Kesimpulan ini dibuktikan dengan hasil uji t dengan nilai sig α yang dihasilkan sebesar 0,000, lebih kecil daripada α = 0,05 dan indikator yang paling besar berpengaruh terhadap variabel adalah indikator nomor 2 yaitu pelaksanaan pembelajaran dan 3) Hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh variabel kompetensi guru dan kinerja guru secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa kelas X MAN 1 Model Lubuklinggau dalam belajar rumpun PAI dapat diterima. Kesimpulan ini dibuktikan dari hasil uji F dengan nilai sig α yang dihasilkan sebesar 0,000 dan lebih kecil daripada 0,05.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: kompetensi professional, kinerja guru, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 09 Aug 2019 08:12
Last Modified: 09 Aug 2019 08:12
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3246

Actions (login required)

View Item View Item