Peliza, Popi (2019) PENGARUH METODE COLLABORATIVE LEARNING DAN DISIPLIN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ALQUR’AN HADITS SISWA KELAS X PAI MAN 1 KOTA PAGAR ALAM. Masters thesis, IAIN BENGKULU.
|
Text
POPI PELIZA.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Rumusan penelitian ini adalah: 1) Apakah ada pengaruh metode collaborative learning terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Al-qur‟an hadits siswa kelas X PAI MAN 1 Pagar Alam ? 2) Apakah ada pengaruh disiplin siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Al-qur‟an hadits siswa kelas X PAI MAN 1 Pagar Alam ? 3) Apakah ada pengaruh metode collaborative learning dan disiplin siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Al-qur‟an hadits siswa kelas X PAI MAN 1 Pagar Alam ?. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yakni jenis penelitian ilmiah yang sistematis, terencana, dan terstruktur dengan jelas sejak awal hingga pembuatan desain penelitiannya dengan menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif yaitu jenis pendekatan penelitian yang bersifat menanyakan hubungan yang bersifat sebab akibat antara variabel yang mempengaruhi (independen) dan variabel yang dipengaruhi (dependen). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa dokumentasi dan angket. Penelitian ini menyimpulkan bahwa : 1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara metode collaborative learning terhadap hasil belajar sebesar 6,390. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara disiplin siswa terhadap hasil belajar sebesar 2,122. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara metode Collaborative learning dan Disiplin Siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar dilihat dari nilai R sebesar 0,746.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Collaborative Learning, Disiplin Siswa, Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S.IP Muhammad Yusrizal |
Date Deposited: | 09 Aug 2019 08:13 |
Last Modified: | 09 Aug 2019 08:13 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3251 |
Actions (login required)
View Item |