IMPLEMENTASI KEMAMPUAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 MUKOMUKO

Ermis Weli, Eva (2019) IMPLEMENTASI KEMAMPUAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 MUKOMUKO. Masters thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
EVA ERMIS WELI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dapat dilihat dari sistem manajerial Kepala Sekolah di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Mukomuko. Kondisi ini disebabkan oleh minimnya pengawasan Kepala Sekolah terhadap kinerja guru, kurangnya motivasi, penggunaan metode pembelajaran yang monoton. Sehingga dari kondisi tersebut dibutuhkan bagaimana proses implementasi dan strategi manajerial Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis proses implementasi kemampuan manajerial Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja guru serta untuk mengetahui strategi manajerial Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja guru khususnya di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Mukomuko. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif melalui analisis deskritif kualitatif. Penelitian dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Mukomuko dari bulan Maret sampai dengan Mei 2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kemampuan manajerial Kepala Sekolah terhadap kinerja guru dapat dilihat aspek Perencanaan yang dibuat kepala sekolah yang mana hasilnya belum maksimal. Pelaksanaan manajerial meningkatan kinerja guru sudah terlaksana sesuai dengan yang direncanakan tetapi hasilnya belum sesuai yang diharapkan. Monitoring dan evaluasi manajerial meningkatan kinerja guru sudah dilaksanakan oleh kepala sekolah dengan tujuan untuk mengetahui apa saja kekurangan dalam pelaksanaan sehingga dapat dilakukan perbaikan pada perencanaan yang akan disusun Strategi yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Mukomuko Perencanaan Kepala sekolah dalam meningkatkan Kinerja Guru yakni menyediakan berbagai fasilitas dan sarana yang mendukung bagi guru dalam menjalankan tugasnya. Pengorganisasian yang dilakukan oleh kepala Madrasah dalam meningkatkan kinerja guru telah memiliki struktur organisasi sekolah yang lengkap dan telah memposisikan tugas dan tanggung jawab guru dalam mengajar sesuai dengan bidang keahlianProses dan pelaksanaan meningkatkan kinerja guru yang dilakukan Kepala sekoh telah terealisasikan sesuai dengan rencana yang telah disusun melalui pembinaan tugas, memfasilitasi sarana dan prasarana Pengawasan kepala sekolah terhadap kinerja guru dilakukan dengan pelaksanaan suatu program dan bersifat pencegahan untuk menghindari terjadinya penyelewengan dari tujuan yang dicapai, serta membantu guru-guru untuk mempersiapkan diri bila menghadapi suatu masalah dan akan membantu guru dalam menjaga loyalitas dan meningkatkan profesionalisme.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Manajerial, Kinerja Guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 09 Aug 2019 08:13
Last Modified: 09 Aug 2019 08:13
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3253

Actions (login required)

View Item View Item