STRATEGI PENGASUH MA’HAD AL-JAMI’AH DALAM PEMBINAAN KARAKTER DISIPLIN MAHASANTRI (Studi Pada Ma’had Al - Jami’ah Putra IAIN Bengkulu)

Fauzul 'Azhiim, Fagi (2019) STRATEGI PENGASUH MA’HAD AL-JAMI’AH DALAM PEMBINAAN KARAKTER DISIPLIN MAHASANTRI (Studi Pada Ma’had Al - Jami’ah Putra IAIN Bengkulu). Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img] Text
FAGI FAUZUL 'AZHIIM.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengasuh Ma‟had Al-Jami‟ah dalam pembinaan karakter disiplin Mahasantri, serta permasalahanpermasalahan yang ada di ma‟had dalam melakukan proses pembinaan karakter disiplin mahasantri. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, yaitu suatu proses yang menghasilkan data deskriptif baik berupa tulisan atau ungkapan yang diperoleh langsung dari informan penelitian. Hasil penelitian ini adalah strategi pengasuh dapat dilakukan dengan mengetahui dasar, tujuan dan nilai-nilai yang ada dalam pembinaan karakter disiplin. Adapun permasalahan yang ada di ma‟had ini adalah kurang adanya kesadaran pentingnya pelaksanaan program ma‟had, misalnya kurang disiplin dalam melaksanakan shalat berjama‟ah, kurang disipilin dalam setoran hafalan. Kurang adanya akan pentingnya kebersihan lingkungan, sikap mahasantri yang mempunyai latar belakang berbeda. Adapun strategi yang digunakan pengasuh ma‟had al-jami‟ah dalam mengatasi permasalahan ini adalah dengan memberikan motivasi, melakukan pembiasaan shalat berjama‟ah dan dan hafalan qur‟an, membuat punishment bagi yang melanggar aturan ma‟had, membuat ranking hafalan setiap bulan, pembinaan konseling secara individu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengasuh, Ma‟had Al-Jami‟ah, Pembinaan Karakter Disiplin , Mahasantri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: muhammad yusrizal amwa
Date Deposited: 15 Aug 2019 00:53
Last Modified: 15 Aug 2019 00:53
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3290

Actions (login required)

View Item View Item