PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) DAN CERAMAH TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 KOTA BENGKULU

Dewi Lestari, Mutiara (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) DAN CERAMAH TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
MUTIARA DEWI LESTARI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses adanya pembelajaran Akidah Akhlak yang belum dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang signifikan. Atas dasar ini maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah dengan menggunakan model pembelajaran VCT dan metode ceramah dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MIN 1 Kota Bengkulu. Tujuan penelitian ini yaitu penggunaan model pembelajaran VCT dan ceramah dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MIN 1 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan kuantitatif eksperimen semu (quasi experiment design) dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Value Clarification Teknique (VCT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MIN 1 Kota Bengkulu. Hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung = 14,73 sedangkan t tabel = 1,310 (t hitung > t tabel). Dengan demikian Ha yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Value Clarification Teknique (VCT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MIN 1 Kota Bengkulu dapat diterima dan yang menyatakan tidak terdapat pengaruh metode ceramah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MIN 1 Kota Bengkulu ditolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model VCT, Metode Ceramah, Hasil Belajar dan Akidah Akhlak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 15 Aug 2019 00:50
Last Modified: 15 Aug 2019 00:50
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3304

Actions (login required)

View Item View Item