INTERAKASI KELUARGA DAN SEKOLAH DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM BAGI PESERTA DIDIK DI SDN 82 KOTA BENGKULU

Hamidi, Darman (2019) INTERAKASI KELUARGA DAN SEKOLAH DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM BAGI PESERTA DIDIK DI SDN 82 KOTA BENGKULU. Masters thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
DARMAN HAMIDI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang diangkat terdapat dua hal yaitu: Pertama, bagaimana interaksi yang dilakukan keluarga dan sekolah dalam penanaman nilai-nilai pendidikan Islam bagi peserta didik di SDN 82 Kota Bengkulu. Kedua, apa saja kendala yang dihadapi oleh keluarga dan sekolah dalam penanaman nilai-nilai pendidikan Islam bagi peserta didik di SDN 82 Kota Bengkulu. Penelitian ini menjelaskan tentang kondisi sikap spiritual siswa, metode yang digunakan Guru dan hambatan serta pendukung dari proses internalisasi nilai spiritual itu sendiri. Maka digunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan metode interaktif dengan teknik observasi, dokumentasi, pengamatan dan wawancara. Hasil penelitian yaitu Pertama, Interaksi yang dilakukan keluarga dan sekolah dalam penanaman nilai-nilai pendidikan Islam bagi peserta didik di SD Negeri 82 Kota Bengkulu adalah bentuk motivasi dan pengarahan dalam penanaman nilai-nilai agama terhadap anak di keluarga dan sekolah. Hal ini terlihat bagaimana usaha orang tua dan guru untuk membimbing, memotivasi dan mengarahkan pergaulan anak supaya anak memiliki ahlak dan sopan santun yang akan mencerahkan cita-citanya di masa depan, dan pembiasaan-pembiasaan terhadap anak untuk melakukan ibadah, seperti belajar mengaji, shalat sudah di terapkan oleh orang tua dan guru terhadap anak di dalam keluarga dan sekolah. Kedua,Kendala yang dihadapi oleh keluarga dan sekolah dalam penanaman nilai-nilai pendidikan Islam bagi peserta didik di SD Negeri 82 Kota Bengkulu, diantaranya pengaruh negatif dari lingkungan diluar keluarga dan sekolah, latar belakang kondisi keluarga para siswa yang berbeda-beda. Ini adalah sebuah fakta bahwa keadaan keluarga sangat mempengaruhi dari berhasil atau tidaknya suatu upaya penanamanan nilai spiritual pada anak. Teman pergaulan siswa yang belum diketahui identitasnya secara jelas. Disamping itu, latar belakang kondisi keluarga para siswa yang berbeda-beda. Ini adalah sebuah fakta bahwa keadaan keluarga sangat mempengaruhi dari berhasil atau tidaknya suatu upaya penanamanan nilai-nilai pendidikan Islam pada anak, baik di dalam keluarga ataupun sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Interaksi, Keluarga, Sekolah, Penanaman, Pendidikan Islam
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 15 Aug 2019 00:46
Last Modified: 15 Aug 2019 00:46
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3314

Actions (login required)

View Item View Item