“PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA GLOBALISASI DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN KABUPATEN KAUR (Studi Kasus Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Kaur)”

Haryanto, Tison (2019) “PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA GLOBALISASI DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN KABUPATEN KAUR (Studi Kasus Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Kaur)”. Masters thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
TISON HARYANTO.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Kaur di Kabupaten Kaur, Program kegiatan yang dilakukan dalam rangka membina akhlak siswa, dan Pelaksanaan Program yang dilakukan guru PAI dalam membina akhlak siswa, serta faktor pendukung dan penghambat dalam membina akhlak siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif, dengan pendekatan deskriptif yaitu memaparkan secara mendalam dengan apa adanya secara obyektif sesuai dengan data yang dikumpulkan. Metode kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data-data deskriptif yang berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Kaur dilakukan melalui program pembiasaan dan menerapkan 5S 1C (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Satun, dan Ceria). kewajiban mengucapkan salam saat berjumpa dengan guru di pagi hari dengan mencium tangannya, merapikan pakaian, memungut sampah yang terlihat dan memasukkannya ke dalam kantung plastik. Kemudian dilanjutkan untuk menunaikan salat duha. Saat memulai pelajaran berdoa kemudian menghafalkan ayat-ayat al-quran yang wajib dihafal oleh peserta didik yang disesuikan dengan tingkatan kelas. Ketika waktu pulang tiba peserta didik harus membaca doa penutup dan selanjutnya salaman kepada guru. Adapun hambatan yang dialami oleh guru pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Kaur dalam membina akhlak siswa yaitu : Rusaknya moral anak disebabkan oleh Berdasarkan pengamatan, dapat dikatakan bahwa aplikasi pendidikan agama Islam di sekolah umum kurang maksimal. Hal tersebut di sebabkan oleh faktor eksternal dan internal. Faktor eksternal yang mempengaruhi minimnya praktik pendidikan agama di sekolah umum dapat berupa berbagai hal, terutama kontaminasi anak dengan media Sosial, seperti Handphon, Internet, Game dan lainnya. Faktor Internal Pendekatan metodologi guru pendidikan agama Islam masih terpaku pada orientasi tradisional sehingga tidak mampu menarik minat murid pada pelajaran pendidikan agama Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Pembinaan Akhlak, Siswa.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 15 Aug 2019 00:43
Last Modified: 15 Aug 2019 00:43
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3321

Actions (login required)

View Item View Item