PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS VIII SMPN 02 SELUMA

Idil Fitra, Dwi Mardana (2019) PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS VIII SMPN 02 SELUMA. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
DWI MARDANA IDIL FITRA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kepribadian guru yang baik diasumsikan berpengaruh kepada hasil belajar siswa. Mata pelajaran PAI harus diajarkan oleh guru yang memiliki kompetensi kepribadian yang positif, serta mendorong siswa untuk terus belajar aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap hasil belajar PAI siswa kelas Vllldi SMPN 02 Seluma? Adapun tujuan mendeskripsikan seberapa besar pengaruh kompetensikepribadian guru terhadap hasil belajar PAI siswa kelas Vllldi SMPN 02 Seluma Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jumlah sampel penelitian ini adalah jumlah sampel yang dibutuhkan pada penelitian ini yakni 27 siswa dari 107 siswa. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terdapat Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Kelas VIII SMPN 02 Seluma. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan berdasarkan persamaan regresi Y = 4,1 + 0,37 (79,2) = 33,55 , apabila nilai kompetensi kepribadian guru (variabel X) yakni 79,2 bertambah 1, maka akan mengalami peningkatan, begitu pula dengan hasil belajar PAI siswa (variabel Y) yakni 79,9 bertambah 1. Dari persamaan regresi tersebut, maka dapat diketahui bahwa Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Kelas VIII SMPN 02 Seluma, yaitu pada taraf signifikan 5% Fhitung > Flabcl atau 17,45 > 4,24 , maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan keeratan hubungan X dengan Y dapat dilihat dari nilai Koefisien Korelasi, % = 0,610 > r^ei = 0,381 , ini terdapat hubungan yang sedang. Kontribusi sumbangan X terhadap Y adalah 37,2% sedangkan sisanya 62,8 % dipengaruhi variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Kepribadian Guru, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 11 Sep 2019 02:28
Last Modified: 11 Sep 2019 02:28
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3421

Actions (login required)

View Item View Item