Ratnasari, Desi (2019) IMPLEMENTASI PENDIDIDIKAN AGAMA ISLAM BERWAWASAN LINGKUNGAN HIDUP DI MADRASAH ALIYAH NURUL HUDA DESA BAJAK I KECAMATAN TABA PENANJUNG KABUPATEN BENGKULU TENGAH. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.
|
Text
DESI RATNASARI pdf.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Desi Ratnasari NIM. 1416513112 judul skripsi “Implementasi Pendididikan Agama Islam Berwawasan Lingkungan Hidup di MA Nurul Huda Desa Bajak I Kecamatan Taba Penanjung Kabupaten Bengkulu Tengah”. Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakuultas Tarbiyah dan Tadris IAIN Bengkulu. Rumusan masalah dalam penelitian ini pertama, bagaimana implementasi Pendididikan Agama Islam berwawasan lingkungan hidup di MA Nurul Huda Desa Bajak I Kecamatan Taba Penanjung Kabupaten Bengkulu Tengah. Kedua, apa saja faktor pendukung dab penghambat implementasi Pendididikan Agama Islam berwawasan lingkungan hidup di MA Nurul Huda Desa Bajak I Kecamatan Taba Penanjung Kabupaten Bengkulu Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala madarasah, guru dan siswa MA Nurul Huda Desa Bajak I Kecamatan Taba Penanjung Kabupaten Bengkulu Tengah. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penyajian dan pembahasan data penelitian maka dapat disimpulkan pertama, implementasi Pendididikan Agama Islam berwawasan lingkungan hidup di MA Nurul Huda Desa Bajak I Kecamatan Taba Penanjung Kabupaten Bengkulu Tengah sudah berjalan cukup baik, relasi antara tujuan yang diharapkan dengan penyiapan materi dan proses pelaksanaan pembelajaran sudah sesuai, selain masih menekankan pada pemberian informasi, pembelajaran juga sudah memberikan peran dan partisipasi peserta didik secara optimal, diperlukan desain pembelajaran yang dikembangkan dalam RPP. RPP yang disusun teklah mengintegrasikan dengan pendidikan lingkungan sehingga berpengaruh terhadap pelaksanaan pembelajaran. Adapun materi PAI yang tidak bisa di intergrasikan dengan lingkungan hidup, guru bisa mensiasatinya dengan memberikan motivasi untuk tetap peduli lingkungan sebelum KBM berlangsung sebagai bentuk pembiasaan dan keteladanan. Kedua, faktor pendukung yaitu respon siswa yang positif, adanya hadiah dan hukuman yang merangsang semangat siswa sedangkan faktor penghambat yaitu waktu yang terbatas dan masih adanya sebagian warga sekolah yang tidak paham akan pentingnya menjaga kebersihan sekolah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Pendidikan Agama Islam, Wawasan Lingkungan Hidup |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | yuli astria ria |
Date Deposited: | 11 Sep 2019 03:51 |
Last Modified: | 11 Sep 2019 03:51 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3430 |
Actions (login required)
View Item |