Manajemen Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Upaya Menciptakan Siswa Aktif Di SDN 79 Kota Bengkulu

Rianto, Gusti (2019) Manajemen Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Upaya Menciptakan Siswa Aktif Di SDN 79 Kota Bengkulu. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
GUSTI RANTIO.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang di angkat dalam penelitian ini adalah Manajemen Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Upaya menciptakan siswa Aktif di SDN 79 Kota Bengkulu dengan tujuan yang akan di capai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen pelaksanaan pembelajaran Guru PAI dalam menciptakan siswa aktif di SDN 79 Kota Bengkulu dan kendala yang di hadapi guru pai dalam upaya menciptakan siswa aktif. Penelitian dilatar belakangi oleh realitas aktivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas hanya terjadwal dengan tiga jam mata pelajaran setiap mimggunyapada sekolah umum SDN 79 Kota Bengkulu, Mengingat waktu yang sangat minim dan komponen materi pelajaran Pendidikan Agama Islam yang bermacam-macam tujuan dan fungsinya,maka guru membuat perancanaan pembelajaran dengan matang agar proses pembelajaran berlangsung secara efektif dan menyenangkan.Namun dalam proses belajarmengajar dikelas sering ditemui sikap atau tingkah laku siswa yang dapat mengganggu selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab bagaimana menejemen pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam sebagai upaya menciptakan siswa aktif di SDN 79 Kota Bengkulu. Tujuan penilitian ini adalah untuk mengetahui proses menejemen pembelajaran guru pendidikan agama islam sebagai upaya menciptakan siswa aktif di SDN 79 Kota Bengkulu. Dengan hasil penelitian , Masalah-masalah yang terjadi di dalam menejemen kelas yang dihadapi oleh guru PAI dalam mengelolaan kelas adalah seran dan prasarana yang kurang memadai, siswa yang sulit diatur dan juga siswa yang tidak disiplin. Berdasarkan data yang yang terkumpul dan analisis yang penulis lakukan secara cermat, makadapat diambil kesimpulan bahwa, Menejemen kelas pada pembelajaran PAI di SDN 79 Kota Bengkulu sudah berjalan baik meskipun masi banyak kendalah yang dihadapi oleh guru. Hal ini peneliti bisa simpulkan melalui data-data yang peneliti dapatkan melalui proses wawancara, observasi dan dokumentasi dimana dalam pelaksaan menejemen kelas pada pelajaran PAI di SD N 79 Kota Bengkulu. Sudah berupayah sebaik mungkin melaksanakan menejemen kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen pembelajaran, Guru PAI dan Siswa Aktif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 16 Sep 2019 02:38
Last Modified: 16 Sep 2019 02:38
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3483

Actions (login required)

View Item View Item